Viral Hiu Berwajah Mirip Manusia, Ini Penjelasan Pakar Perikanan IPB

Fahmi Firdaus , Okezone · Rabu 24 Februari 2021 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 337 2367742 viral-hiu-berwajah-mirip-manusia-ini-penjelasan-pakar-perikanan-ipb-oDMATTFal8.jpg Tangkapan layar media sosial

JAKARTA - Jagat media sosial kembali dihebohkan dengan video viral anak hiu berwajah mirip manusia yang ditemukan nelayan di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dari video yang beredar tersebut juga tampak anak hiu berwajah mirip manusia sudah mati.

(Baca juga: Viral Anak Hiu Berwajah Manusia di NTT, Ini Penampakannya)

Dari video berdurasi 43 detik yang dilihat Okezone, seorang nelayan Abdullah Ferro (48) mengungkapkan bahwa dirinya menemukan bayi hiu dengan wajah berbentuk manusia tersebut dari perut induknya. Saat itu, Abdullah tak sengaja menemukan seekor hiu yang masuk ke jaring ikan miliknya di lepas pantai Pepela.

Pakar Perikanan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Sulistiono, meragukan video viral anak ikan hiu mirip manusia. Dia menduga video tersebut hoaks atau tidak benar.

(Baca juga: Kronologi Percobaan Pemerkosaan Mahasiswi Berjilbab Berujung Peremasan Kelamin Pelaku)

“Agak aneh. Seperti gambar yang dibuat. Terutama mata. Hiu adalah carnivore. Sehingga morfologi mata nampak seperti mata pemburu,” ujar Sulistiono kepada Okezone, Rabu (24/2/2021).

Menurutnya, mata ikan hiu tersebut tidak seperti ikan pada umumnya. “Bentuk mata seperti ini nampak jarang di hewan air. Misalnya ikan mas yang omnivore,” tandasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini