4 Provinsi Berhasil Turunkan Kasus Aktif Covid-19 Selama PPKM, Siapa Saja?

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 24 Februari 2021 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 337 2367515 4-provinsi-berhasil-turunkan-kasus-aktif-covid-19-selama-ppkm-siapa-saja-1bDkgBN7pF.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19, Dewi Nur Aisyah mengungkapkan selama penerapan enam minggu pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap I dan II, serta PPKM mikro tahap pertama sebanyak 4 provinsi berhasil menurunkan kasus aktif Covid-19.

Empat provinsi yang berhasil menurunkan kasus aktif Covid-19 diantaranya adalah DKI Jakarta, Banten, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur. Ia pun menegaskan bahwa PPKM meskipun levelnya Jawa-Bali, namun berkontribusi menurunkan kasus Covid-19 secara nasional.

“PPKM kita bilang levelnya Jawa dan Bali ya. Kalau kita lihat di sini kan ternyata berdampak juga dengan angka yang ada di nasional karena memang kontribusi yang cukup besar,” tegas Dewi dalam dialog “Covid-19 Dalam Angka: Evaluasi PPKM 6 Pekan dan Progres PPKM Mikro di 7 Provinsi Jawa dan Bali” secara virtual, Rabu (24/2/2021).

“Kita lihat di 7 provinsi, apa yang terjadi selama pelaksanaan PPKM 6 pekan terakhir? Jadi di sini ada empat titik waktu yang pertama kita ambil sebelum pelaksanaan PPKM yaitu tanggal 10 Januari, kemudian PPKM tahap I itu tanggal 25 bagian akhirnya, kemudian tahap duanya ada tanggal 8 Februari. Dan yang terakhir adalah setelah sudah PPKM mikro sudah berjalan dua minggu gitu ya, pokoknya 6 pekan kita melihat terakhir itu di tanggal 22 Februari,” kata Dewi.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Menurun, Epidemiolog Sebut Masyarakat Takut Kuburan Penuh

Dewi mengatakan empat provinsi dari enam provinsi di Jawa-Bali, tersebut berhasil menurunkan angka kasus aktif Covid-19 selama 6 minggu pelaksanaan PPKM.

“Nah kita lihat disini pergerakannya dari 6 minggu perjalanan pelaksanaan PKKM, 4 dari 7 provinsi setelah berhasil menurunkan persentase kasus aktif. Jadi kalau kita lihat di sini, 4 provinsi yang sudah berhasil itu termasuk DKI Jakarta, ada Banten. Kemudian Yogyakarta juga terlihat penurunan turunan dan Jawa Timur juga turun,” ungkap Dewi.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini