Gus Nur Jalani Persidangan di PN Jaksel, Agendanya Dengarkan Saksi dari Jaksa

Ari Sandita Murti, Sindonews · Selasa 23 Februari 2021 08:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 337 2366633 gus-nur-jalani-persidangan-di-pn-jaksel-agendanya-dengarkan-saksi-dari-jaksa-FrbjhZbjTs.jpg Gus Nur (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan kembali menggelar sidang kasus ujaran kebencian dengan terdakwa Sugi Nur Raharja atau Gus Nur pada Selasa (23/2/2021). Adapun agenda sidang kali ini mendengarkan keterangan saksi dari Jaksa.

Pada pekan sebelumnya, sidang Gus Nur ditunda karena pengacara melakukan walkout atas permintaannya yang tak kunjung direspon hakim. Ditambah lagi, saksi pun tak bisa hadir dalam persidangan tersebut.

Adapun sidang Gus Nur pada hari ini sekitar pukul 10.00 WIB beragendakan mendengarkan keterangan saksi dari pihak Jaksa. Hal itu disampaikan oleh Ketua Majelis Hakim, Toto Ridarto di sidang sebelumnya.

Kuasa hukum Gus Nur, Ricky Fatamazaya mengatakan, sejak awal persidangan pihaknya selalu mengajukan ke hakim untuk menangguhkan penahanan dan menghadirkan Gus Nur secara langsung di persidangan. Namun, semua permohonan itu tak kunjung direspon hakim dan Jaksa.

Baca Juga : Laporkan Gus Nur, Sekjen GP Ansor Ngaku Diperintah Gus Yaqut

Menurutnya, penangguhan penahanan terhadap Gus Nur itu diajukan agar kliennya tak mengalami nasib serupa sebagaimana Ustaz Maaher.

"Setidaknya majelis memerintahkan JPU menghadirkan terdakwa. Faktanya, terdakwa juga belum hadir sehingga terdakwa menyampaikan seolah-olah kita mengemis hukum, padahal ini hak klien kami, hak kami untuk meminta itu," katanya, Selasa, 16 Februari 2021.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini