Survei LSI : TNI Lembaga Paling Dipercaya Publik, Parpol-DPR Terendah

Irfan Ma'ruf, iNews · Senin 22 Februari 2021 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 337 2366373 survei-lsi-tni-lembaga-paling-dipercaya-publik-parpol-dpr-terendah-cJRlqHwf0R.jpg Prajurit TNI (Dok Okezone)

JAKARTA - TNI menjadi lembaga negara yang paling dipercaya publik berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI). Angkanya jauh melampaui Polri bahkan Presiden.

Dalam rilis tersebut, 25 persen masyarakat Indonesia sangat percaya dengan TNI. Angka itu melampaui Polri yang hanya 14 persen bahkan Presiden dengan angka 20 persen.

"Saat ini TNI paling tinggi tingkat kepercayaannya, kemudian Gubernur, bupati/wali kota, presiden, pemerintah pusat, KPK, polisi, kejaksaan, DPRD kab/kota, DPRD provinsi, DPR, dan partai politik," kata Direktur Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan, Senin (22/2/2021).

Lebih lanjut Djayadi menejelaskan, dari 12 lembaga yang diuji pada masyarakat, posisi paling rendah adalah kepercayaan masyarakat kepada partai politik dan DPR RI. Hanya 8% yang sangat percaya DPR dan 23% tidak percaya. Sementara partai politik hanya 5 persen sangat dipercaya dan tidak dipercaya oleh 25 persen masyarakat.

"Kepercayaan kepada DPR dan partai politik adalah yang terendah dibanding lembaga-lembaga lain," kata Djayadi.

Baca Juga : Survei LSI : 69,8% Responden Puas Kinerja Presiden Jokowi

Djayadi menjelaskan, survei yang dilakukan LSI menggunakan metode wawancara tatap muka sejak 25-31 Januari 2021.

Responden yang disurvei sebanyak 1.200 orang dengan Margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Populasi survei dilakukan oleh mereka yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah saat disurvei.

Baca Juga : Jadi Capres Terkuat Hasil Survei LSI, Gerindra : Prabowo Fokus sebagai Menhan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini