Menteri PUPR: Pemerintah Siapkan 7 Paket Penanganan Banjir Kali Bekasi

Riezky Maulana, iNews · Sabtu 20 Februari 2021 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 20 337 2365463 menteri-pupr-pemerintah-siapkan-7-paket-penanganan-banjir-kali-bekasi-rfkS4xvYpJ.jpg Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono meninjau lokasi banjir di Kota Bekasi bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Abdurachman dan Polda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. (Foto: Riezky Maulana/iNews)

JAKARTA - Tiga pejabat meninjau kondisi banjir di Perumahan Pondok Gede Permai, Jati Rasa, Jati Asih, Kota Bekasi, Sabtu (20/2/2021). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono terlebih dahulu hadir, lalu menyusul Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman.

Ketiganya melakukan pembagian sembako dan masker kepada pengungsi di Gudang Peralatan dan Logistik BNPB. Kapolda Metro dan Pangdam Jaya datang ke lokasi sekitar pukul 11.28 WIB.

BACA JUGA: Banjir Bekasi, Perumahan Bumi Nasio Indah & Graha Indah Terendam 1,2 Meter

Selain itu juga tampak Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Aloysius Suprijadi, Dandim 0507/Bekasi Letkol Iwan Aprianto.

Menteri PUPR Basuki mengatakan pemerintah menyiapkan penanganan banjir akibat meluapnya Kali Bekasi dan pembenahan akibat jebolnya tanggul Kali Bekasi. Setidaknya, pemerintah menyiapkan tujuh paket penanganan banjir.

''Ini kan sistem penanganan banjir nggak bisa lokal dalam penanganan banjir Kali Bekasi, Kalau dari hulunya Cikeas dan Cileungsi jadi satu. Total panjang 33 km. Kami sudah dari PUPR membuat rencana sistemik menjadi 7 paket,'' kata Basuki di lokasi, Sabtu (20/2/2021).

BACA JUGA: Truk Angkut Batako Mogok Terjebak Banjir Bekasi, Sempat Keluarkan Kepulan Asap

Sementara dalam jangka pendek, kata Basuki, tanggul yang jebol akan ditutup sementara menggunakan Biobag. Penanganan dengan Biobag akan dilakukan dalam secepatnya saat air telah.

''Tanggul yang panjangnya ini sekitar 60 meter roboh kita akan segera tangani dengan Biobag. Sudah diiisi pasir dan disiapkan nanti akan dibawa ke sini. Penggunaan sementara dengan biobag pasti ketutup, nggak akan ada yang bocor lagi. Untuk perbaikan permanen akan dibuat dengan pembuatan permanen," ucapnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini