I Gede Ardhika Meninggal Dunia, Ini Biografi Singkatnya

Angkasa Yudhistira, Okezone · Sabtu 20 Februari 2021 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 20 337 2365312 i-gede-ardhika-meninggal-dunia-ini-biografi-singkatnya-K4ZPq0W2dW.jpg I Gede Ardhika (Foto : Antara)

JAKARTA - Menteri Kebudayaan & Pariwisata periode 2000-2004 I Gede Ardhika, meninggal dunia. Kabar duka tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno pada akun Twitter-nya, Sabtu (20/2/2021).

Pria kelahiran Singaraja Bali, 15 Februari 1945 itu, diketahui telah mengabdi di dunia pariwisata Indonesia sejak 1996. Kala itu, dia mengawali kariernya sebagai Sekretaris Ditjen Pariwisata hingga tahun 1998.

Dilansir dari berbagai sumber, di tahun yang sama I Gede Ardhika menjabat Dirjen Pariwisata, Departemen Pariwisata, Seni dan Budaya hingga tahun 2000. Selanjutnya, ia menjabat sebagai Waka Badan Pengembangan Pariwisata dan Kesenian.

Lalu, dirinya didapuk sebagai Menteri Kebudayaan dan Pariwisata periode 2001-2004.

Soal jenjang pendidikan formal, di tingkat dasar hingga atas di kota kelahirannya sendiri. I Gede Ardhika kemudian menempuh pendidikan tinggi di Institut Teknologi Bandung. Akibat kurangnya dana dan kesukaannya pada dunia seni, ia terpaksa berhenti kuliah.

Namun kekurangan itu tidak lantas membuatnya menyerah pada nasib, sebaliknya ia memutuskan berpindah sekolah ke Akademi Perhotelan Bandung.

Baca Juga : Mantan Menteri Kebudayaan & Pariwisata I Gede Ardhika Tutup Usia

Ardhika pun berhasil menyelesaikan kuliah pada 1967 dengan predikat sangat memuaskan sekaligus menarik pihak akademi untuk mengangkatnya sebagai asisten dosen (Asdos). Selama jadi asdos itu pula dirinya memanfaatkan waktu luang untuk mempelajari Bahasa Inggris dan Perancis.

Untuk diketahui, Gede Ardhika termasuk salah satu penerima beasiswa pemerintah untuk melanjutkan pendidikan manajemen perhotelan pada Institut Internasional Glion, Swiss.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini