15 Pelaku Mafia Tanah Kasus Dino Patti Djalal Dijerat Pasal Berlapis

Ari Sandita Murti, Sindonews · Jum'at 19 Februari 2021 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 337 2365026 15-pelaku-mafia-tanah-kasus-dino-patti-djalal-dijerat-pasal-berlapis-IewHohKyLz.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Tubagus Ade Hidayat mengatakan, pihaknya telah menangkap 15 mafia tanah terkait laporan orangtua Dino Patti Djalal, termasuk Fredy Kusnadi. Adapun mereka dijerat pasal berlapis.

"Dalam perkara ini, diterapkan dari Pasal 263 KUHP, 266 KUHP, dan 378 KUHP. Artinya disana ada penipuan dan ada pemalsuan," ujarnya pada wartawan, Jumat (19/2/2021).

 Baca juga: Begini Peran Mafia Tanah Palsukan Dokumen Tanah Milik Ibu Dino Patty Djalal

Adapun pasal 263 KUHP tentang pemalsuan surat ancaman hukuman maksimalnya 6 tahun penjara. Lalu, pasal 266 KUHP tentang pemalsuan ancaman hukuman maksimalnya 7 tahun, dan pasal 378 KUHP tentang penipuan ancaman hukuman maksimalnya 4 tahun penjara.

Baca juga: Terkait Laporan Dino Patti Djalal, Polda Metro Jaya Ringkus Fredy Kusnadi dan 15 Mafia Tanah

Menurutnya, dalam kasus itu, ada pelaku yang melakukan pemalsuan terhadap dokumen, seperti KK, KTP, identitas lainnya, dan sosok korban selaku pemilik sah tanah dan bangunan serta ada pelaku menyuruh melakukan pemalsuan. Semua itu dilakukan tanpa sepengetahuan ataupun izin dari si pemilik sah.

"Jadi, Broker (pelaku) ini menyadari kondisi korban, kebetulan korban usia lanjut jadi percaya begitu saja (saat mau menjual tanah). Lantas, sertifikat tanah yang asli dipinjam dan difigurkan orang lain yang menyerupai pemilik kemudian dilakukan transaksi dan pemindahan hak," katanya.

Dalam kasus mafia tanah ibu Dino Patty Djalal, tambahnya, polisi berhasil mengamankan sertifikat asli dari 3 laporan yang diadukan pihak Dino Patti Djalal ke polisi. Adapun pihak Dino baru tahu kalau sertifikat tanahnya telah berganti nama setelah dilakukan pengecekan ke BPN, padahal belum ada transaksi jual beli tanah yang terjadi.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini