Begini Peran Mafia Tanah Palsukan Dokumen Tanah Milik Ibu Dino Patty Djalal

Ari Sandita Murti, Sindonews · Jum'at 19 Februari 2021 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 337 2364946 begini-peran-mafia-tanah-palsukan-dokumen-tanah-milik-ibu-dino-patty-djalal-GaU6QqLO2o.jpg Surat tanah atau sertifikat tanah.(Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran membeberkan peran dan modus 15 pelaku mafia tanah dalam kasus pemalsuan dokumen tanah milik ibu Dino Patti Djalal. Masing-masing pelaku memiliki perannya berbeda dalam melakukan aksinya itu.

"Dalam melakukan aksinya, kelompok mafia tanah ini berbagi peran, ada yang bertindak selaku aktor intelektual," ujarnya pada wartawan, Jumat (19/2/2021).

Lalu, kata dia, ada yang berperan sebagai orang yang menyiapkan sarana dan prasarana, ada yang berperan bertindak sebagai figur yang berpura-pura menjadi pemilik tanah dan bangunan. Lalu, ada pula yang berperan sebagai Staf PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) dan ada juga yang bertindak sebagai figur pemilik sertifikat tanah.

Baca Juga: Terkait Laporan Dino Patti Djalal, Polda Metro Jaya Ringkus Fredy Kusnadi dan 15 Mafia Tanah

"Dalam menjalankan aksinya, setelah melihat ada rumah, bangunan, tanah yang dijual, kelompok mafia tanah ini beraksi berdasarkan peran yang saya sampaikan tadi," tuturnya.

Baca Juga: Jalankan Perintah Jokowi, Kapolri Instruksikan Jajarannya Tak Ragu Usut Tuntas Mafia Tanah

Dia menambahkan, dari pengungkapan kasus itu, bisa dilihat ada tiga klaster atau kategori. Pertama, klaster korban sebagai pemilih sah sertifikat tanah dan bangunannya.

Kedua, klaster mafia tanah berupa kelompok mafia tanah yang telah diungkap itu, yang mana ada 15 tersangka. Dan ketiga, klaster korban pembeli yang mana sejatinya dia beritikad baik hendak membeli tanah itu, tapi tak tahu kalau sejatinya dia telah tertipu.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini