Satu Tewas, Ini Kronologi Baku Tembak Pasukan Elite Paskhas dengan KKB di Bandara Aminggaru

Fahmi Firdaus , Okezone · Jum'at 19 Februari 2021 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 337 2364842 satu-tewas-ini-kronologi-baku-tembak-pasukan-elite-paskhas-dengan-kkb-di-bandara-aminggaru-j4RbGCL2WK.jpg foto: ist

JAKARTA – Prajurit Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara berhasil menembak mati satu orang kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua di Pos Pantau Bandara Armaga Aminggaru Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Papua, Jumat (19/2/2021).

(Baca juga: Heroik! Pasukan Elite TNI AU Baku Tembak di Bandara Aminggaru, 1 KKB Tewas)

Anggota KKB yang tewas diketahui bernama Tera Wamang, pasukan KKB Puncak Jaya pimpinan Lerrymayu Telenggen. Pelaku tewas akibat tembakan di bagian lengan dan perut. Sedangkan dari pihak Paskhas TNI AU tidak ada korban jiwa.

Kronologi kejadian bermula saat 2 KKB terpantau merayap ke arah Pos Pengamatan Paskhas dan melaksanakan penyerangan terhadap pasukan Paskhas yang berjaga di lokasi.Mendapat serangan mendadak, pasukan elite TNI AU itu membalas tembakan KKB.

Pada pukul 09.30 WIT, anggota KKB menembak ke arah pos Paskhas dan terjadi aksi kontak tembak. Dan dibalas oleh pasukan elite TNI AU tersebut.

Situasi di Bandara Aminggaru saat penyerangan terjadi sedang dilakukan debarkasi personel Kotis Brimob Satgas Pamrahwan pengganti personel sebelumny.

Selanjutnya, pada pukul 11.50 WIT diketahui terdapat korban di pihak KKB Papua dan telah dievakuasi menuju ke Puskesmas Ilaga.

Menurut informasi, bahwa yang melakukan kontak tembak tersebut adalah Mambuan (diduga Mambuan Telenggen) dan Dekiller beserta rombongannya. Namun pimpinan KKB Puncak Lerrymayu Telenggen belum dapat dipastikan ikut dalam penyerangan tersebut.

Sebelumnya, Pasukan TNI-Polri berhasil menembak tiga orang anggota Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB). Ketiganya dilumpuhkan karena berusaha merampas senjata aparat gabungan di Puskesmas Sugapa, Intan Jaya, Papua.

“Kejadian tersebut bermula saat Tim TNI melakukan pengejaran pelaku penembakan terhadap Prada Ginanjar Arianda anggota Satgas Yonif R 400/BR, dan memeriksa satu orang laki-laki. Saat pemeriksaan, orang tersebut (yang kemudian diketahui bernama Janius Bagau) tiba-tiba melarikan diri dengan meloncat ke jurang,” tulis keterangan Puspen TNI yang diterima Okezone, Selaasa (16/2/2021).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini