Pengacara Nurhadi Tak Permasalahkan Saksi Hengky Ubah Keterangan BAP

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Jum'at 19 Februari 2021 08:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 337 2364648 pengacara-nurhadi-tak-permasalahkan-saksi-hengky-ubah-keterangan-bap-xRFyjdfi8P.jpg Nurhadi ditangkap KPK (Foto : Okezonecom)

JAKARTA - Muhammad Rudijto, salah satu tim pengacara mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi dan menantunya, Rezky Herbiyono tidak mempermasalahkan adanya pengubahan keterangan saksi Hengky Soenjoto dalam berita acara pemeriksaan (BAP).

Pengubahan keterangan yang dilakukan Hengky ini diungkap penyidik KPK Rizka Anung Nata dalam persidangan. Hengky merupakan kakak dari terdakwa Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) Hiendra Soenjoto selaku penyuap Nurhadi dan Rezky.

"Kami tidak keberatan, apa yang disampaikan oleh saudara Hengky ketika melakukan perubahan (keterangan dalam BAP)," ujar Rudjito di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis 18 Februari 2021.

Diketahui, Hengky mengubah keterangan pada proses pemeriksaan yang ketiga. Dalam sidang, penyidik Rizka Anung mengungkap Hengky mengubah keterangan terkait pernyataannya soal perkara kasasi di MA antara PT MIT dengan PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN).

Perkara antara PT MIT dan KBN inilah asal mula tindak pidana suap antara Nurhadi dengan Hiendra. Menurut penuturan Rizka Anung, Hengky mengubah keterangan bahwa yang bermasalah saat itu bukan PT MIT dengan PT KBN, melainkan PT MIT dengan UOB.

Baca Juga : Kakak Kandung Penyuap Nurhadi Pernah Mengubah Keterangan

Baca Juga : Penyidik KPK Bongkar Isi Percakapan di Handphone Kakak Penyuap Nurhadi

Sementara itu, terkait dengan pembongkaran percakapan WhatsApp antaran Hengky dengan Hiendra oleh Rizky Anung, menurut Rudjito hal tersebut tak menjadi soal. Menurutnya, percakapan tersebut tidak ada kaitannya dengan perkara PT MIT melawan PT KBN.

"Berkaitan dengan chat WhatsApp itu pada Agustus 2017. Kalau itu dikaitkan dengan perkara gugatan yang kedua antara MIT dengan KBN yang diputus pada Desember 2017 itu enggak mungkin, karena apa? di chatting, dia (Hengky dan Hiendra) sudah meminta duit atas suatu perkara yang katanya diurus oleh Rezky yang notabene belum pernah diputus, tapi dia sudah minta di awal," kata Rudjito.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini