Sederet "PR" Kabareskrim Baru Komjen Agus Andrianto

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Jum'at 19 Februari 2021 05:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 337 2364603 sederet-pr-kabareskrim-baru-komjen-agus-andrianto-tlvgRUYVnj.jpg Komjen Agus Andrianto (Foto: Antara)

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Komjen Agus Andrianto menjadi Kabareskrim Polri. Penunjukan Komjen Agus tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (STR) bernomor ST/318/III/KEP./2021.

Menanggapi itu, Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menyebut adanya pekerjaan rumah (PR) yang harus segera diselesaikan oleh Agus sebagai Kabareskrim baru. Mulai dari kasus Front Pembela Islam (FPI), kejahatan siber, hingga narkoba.

"Kasus FPI dan kejahatan siber dan narkoba akan menjadi perhatian Kabareskrim baru," ujar Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Hasibuan saat dihubungi MNC Portal, Kamis (18/2/2021).

Baca Juga: Breaking News: Kapolri Tunjuk Komjen Agus Andrianto sebagai Kabareskrim

Selain itu, kata Edi, pekerjaan rumah lainnya yang juga harus diselesaikan oleh Agus yakni menindaklanjuti rekomendasi Komnas HAM mengenai kasus penembakan laskar FPI. Serta penguatan terhadap pemberantasan korupsi bersama KPK.

"Rekomendasi komnas HAM soal FPI. (Karena) ditunggu masyarakat dan Penanganan korupsi kita minta ditingkatkan," jelasnya. 

Di samping itu, Edi menilai dipilihnya Agus Andrianto merupakan orang yang tepat dipilih oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kabareskrim.

"Lemkapi dukung Agus Andrianto jadi Kabareskrim. Agus adalah jenderal yang ahli dalam bidang reserse. Selama tugasnya, dia banyak bergelut dalam bidang reserse," tegasnya.

Baca Juga: Kapolri Sebut Babinsa dan Bhabinkamtibmas Ujung Tombak Kawal PPKM Mikro

Tidak hanya itu, Edi menilai Agus orang yang sangat tegas dan tidak pandang bulu dalam penegakan hukum. "Kami memprediksi sosok Agus akan mampu mengimbangi kinerja Kapolri," pungkasnya.

Komjen Agus Andrianto didapuk menjadi Kabareskrim mengisi kekosongan jabatan tersebut setelah ditinggalkan Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang kini menjabat Kapolri. Sebelum ditunjuk sebagai Kabareskrim, Agus menjabat Kepala Badan Keamanan (Kabaharkam) sejak ditunjuk pada 6 Desember 2019.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini