Dies Natalis HMI, Kapolri Tekankan Pentingnya Persatuan Hadapi Covid-19

Komaruddin Bagja, Sindonews · Kamis 18 Februari 2021 23:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 337 2364556 dies-natalis-hmi-kapolri-tekankan-pentingnya-persatuan-hadapi-covid-19-PreVTFSH4u.jpg Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Dies Natalis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke-74 digelar di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/2/2021). Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan pentingnya peran serta masyarakat dalam menghadapi Covid-19.

"Dalam kesempatan ini kita bersama-sama ketahui bahwa Indonesia dihadapi dalam situasi sulit. Masyarakat Global pun alami hal yang sama. Hampir 226 negara mengalami pandemi. Ini bukan masalah biasa. Masalah luar biasa," kata Listyo di Masjid Agung Sunda Kelapa, Kamis (18/2/2021).

"Mungkin kadang kala kita menganggap bahwa ini adalah suatu persoalan yang cukup dihadapi pemerintah. Tapi saya ingatkan kali ini situasinya berbeda. Artinya peran serta masyarakat jadi sangat penting," sambungnya.

Baca Juga:  Sejarah HMI, Lahir dari Kegelisahan Lafran Pane

Menurutnya, kebijakan pemerintah saat memimpin memiliki gaya sendiri. Namun, tak ada pemerintah yang tidak memikirkan rakyatnya.

"Perbedaan di dalam kancah kepemimpinan adalah suatu hal yang selalu ada. Selalu ada posisi di mana tidak setuju dengan kebijakan pemerintah, di sisi yang sebaliknya pemerintah juga menginginkan kebijakannya ini dirasakan masyarakat. Perjalanan kepala negara, pasti kebijakannya itu utk mensejahterakan rakyatnya. Namun, pasti tetap ada yang dikritisi. Nah, itu menjadi ruang bagi pemuda agar berjalan di rel yang benar. Tapi ini adalah dinamika suatu perjalanan," urainya.

Baca Juga:  HUT Ke-74 HMI, Airlangga Hartarto: HMI Kawah Candradimuka Insan Akademis dan Pengabdi

Listyo mengingatkan agar masyarakat bisa bersatu dalam menghadapi Covid-19. "Yang perlu saya ingatkan kita sedang hadapi Covid. Situasi Covid adalah tantangan yang harus kita hadapi bersama-sama menyatukan kekuatan. Kenapa? dari situasi yang normal bahwa berdasarkan lembaga survei internasional, Indonesia memiliki banyak sumber daya. Memiliki jumlah penduduk yang besar, yang kalau bisa dikelola dengan baik, maka kita akan masuk di posisi nomor 5, kapan di mana kita harus berbeda pendapat, namun kapan di mana kita harus bersatu, maka ada nilai-nilai yang harus kita jaga, nilai-nilai persatuan dan kesatuan," tutupnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini