Share

BMKG Keluarkan Peringatan Siaga Banjir di Sejumlah Provinsi

Antara, · Kamis 18 Februari 2021 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 337 2364397 bmkg-keluarkan-peringatan-siaga-banjir-di-sejumlah-provinsi-0KHQ1PoQnI.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi banjir, dampak hujan lebat yang terjadi di beberapa provinsi mulai Jumat (19/2) pukul 07.00 WIB hingga Sabtu (20/2).

"Peringatan siaga dampak banjir sebagai dampak hujan lebat dikeluarkan untuk Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Sulawesi Utara," kata Deputi Meteorologi BMKG, Guswanto melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (18/2/2021).

Baca juga:  Jokowi: Kalau Tak Mau Kena Banjir Lagi, Segera Rehabilitasi DAS Besar-Besaran

Kabupaten/kota yang berstatus siaga banjir di Jawa Barat adalah Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kota Bogor, dan Kabupaten Sumedang.

Kabupaten/kota yang berstatus siaga banjir di Jawa Tengah adalah Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang, dan Kota Pekalongan.

Baca juga:  Soal Penanganan Banjir, Ini Strategi Menteri Basuki

Kabupaten/kota yang berstatus siaga banjir di Jawa Timur adalah Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kota Probolinggo, Kabupaten Jember, dan Kota Pasuruan.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Kabupaten/kota yang berstatus siaga banjir di Bali adalah Kabupaten Karangasem dan Kabupaten Bangli. Sedangkan Kabupaten/kota yang berstatus siaga banjir di Sulawesi Utara adalah Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Selain mengeluarkan peringatan status siaga banjir sebagai dampak hujan lebat, BMKG juga mengeluarkan peringatan status waspada untuk beberapa daerah.

Provinsi dengan peringatan status waspada adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini