Share

Jokowi: Kalau Tak Mau Kena Banjir Lagi, Segera Rehabilitasi DAS Besar-Besaran

Dita Angga R, Sindonews · Kamis 18 Februari 2021 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 337 2364212 jokowi-kalau-tak-mau-kena-banjir-lagi-segera-rehabilitasi-das-besar-besaran-sv1w4kNkzS.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Pada kunjungan tersebut Jokowi sempat menyinggung persoalan banjir yang melanda Provinsi Kalsel beberapa waktu lalu.

Menurutnya penanganan banjir ini perlu dilakukan secara komprehensif dari hulu hingga hilir.

“Kita tahu banjir di Provinsi Kalsel mencakup sebuah area yang sangat luas kurang lebih 10 kabupaten/kota. Dan ini memerlukan penanganan yang komprehensif dari hulu sampai hilir,” ujarnya.

Pada kesempatan itu dia secara langsung meminta kepada gubernur maupun bupati/walikota di Kalsel untuk rehabilitasi lahan. Langkah ini dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir.

“Saya titip pak gub juga seluruh bupati agar intervensi terhadap rehabilitasi lahan. Itu sangat penting sekali,” ungkapnya.

Baca Juga: Resmikan Bendungan Tapin Kalsel, Jokowi: Ini Mampu Kurangi Banjir Secara Drastis

“Penghutanan kembali, penanaman kembali di lahan-lahan terutama yang berkaitan dengan DAS, daerah aliran sungai yang ada. Ini perlu segera dilakukan secara besar-besaran. Kalau kita tidak mau lagi terkena banjir di masa-masa yang akan datang,” tegasnya

Seperti diketahui sejumlah wilayah di provinsi Kalsel terendam banjir pada pertengahan Januari lalu. Hal ini berdampak pada terendamnya rumah warga di Kalsel. Dita angga

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini