Ma'ruf Amin Tak Masalah Vaksinasi Covid Dilakukan saat Ramadhan

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 18 Februari 2021 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 337 2364177 ma-ruf-amin-tak-masalah-vaksinasi-covid-dilakukan-saat-ramadhan-ZPemCyk0ko.jpg Wakil Presiden, Maruf Amin (Foto: Okezone)

JAKARTA – Pemerintah terus menggenjot pelaksaan vaksinasi Covid-19 untuk mengejar kekebalan kelompok atau herd immunity. Vaksinasi akan terus dilakukan meskipun memasuki bulan puasa atau Ramadhan pada medio April 2021.

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, tidak masalah vaksinasi Covid-19 dilakukan pada Ramadhan. Pasalnya, pemberian vaksin melalui suntikkan ke kulit, bukan melalui lubang hidung ataupun mulut.

“Enggak apa-apa, karena itu bukan masuk dari lubang, kalau dari hidung lubang mulut, nah ini kan enggak,” katanya usai meresmikan Sentra Kreasi ATENSI di Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (17/2/2021).

Baca Juga: Mendagri Tito Optimistis Percepatan Vaksinasi Covid-19 Hasilkan Herd Immunity

Namun demikian, Ma’ruf belum menjelaskan lebih detail tentang hukum Islam penyuntikan vaksin Covid kepada orang yang berpuasa. Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu juga belum menjelaskan waktu pelaksanaan vaksinasi yang tepat kepada orang yang berpuasa, apakah siang atau malam hari.

Ma’ruf menuturkan, untuk mendapatkan kekebalan kelompok atau herd immunity, vaksinasi ini harus diikuti pleh 70 persen warga atau sekitar 182 juta orang. Hukum vaksinasi adalah fardu kifayah. “Saya kan sudah bilang kalau pandangan agama itu wajib, fardu kifayah, kalau belum tercapai itu dosanya belum hilang sampai dengan 182 juta itu baru gugur,” pungkasnya

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini