Share

Piere Tendean Memutuskan Akan Menikahi Rukmini

Doddy Handoko , Okezone · Kamis 18 Februari 2021 06:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 337 2363957 piere-tendean-memutuskan-akan-menikahi-rukmini-TaoY40Q2IQ.jpg Piere Tendean (Foto: Wikipedia)

KISAH asmara, Piere Tendean,satu di antara pahlawan revolusi, cukup mengharu biru, meski awalnya ada keragu-raguan namun akhirnya mantap serius berhubungan dengan Rukmini.

Pertemuannya dengan Rukmini membuat hatinya berbunga-bunga. Pernah suatu kali Pierre menulis surat kepada Mitzi yang berisi curahan hati tentang wanita yang disukainya, ”Mitz, aku wis ketemu jodohku. Wis yo Mitz, dongakake wae mugo-mugo kelakon (Mitz, aku sudah menemukan jodohku. Doakan saja Mitz, semoga bisa tercapai).” Begitulah kira-kira sepenggal isi surat Pierre kepada kakaknya.

Baca Juga: Nasihat Istri Jenderal Nasution untuk Pierre Tendean: Jangan Terlalu Memuja Calon Istrimu

Dan dijawab oleh Mitzi pada surat balasannya sebagai berikut, ”Pierre, kalau orang mau berumah tangga, yang penting adalah restu dari orang tua.”

"Kisah cinta Pierre dan Rukmini pada awalnya memiliki hambatan restu dari Ayah dan Ibu Tendean. Kendala utamanya adalah masalah keyakinan. ,"ujar Abie Bisman , penulis dan editor buku "Piere Tendean Sang Patriot, Kisah Seorang Pahlawan Revolusi".

Rukmini yang berwatak keras bersikukuh tidak dapat melanjutkan hubungan dengan seorang pria yang bukan muslim. Atas syarat Rukmini ini, Pierre sudah memutuskan untuk menuruti syarat dari Rukmini lantaran ia sangat mencintai gadis sederhana tersebut dan tidak ingin berpisah dengannya.

Namun, Ayah dan Ibu Tendean justru meragukan Pierre dapat membiasakan diri dengan keseharian Rukmini dan keluarga Chamim yang sangat agamis, mengingat Pierre dibesarkan dalam ajaran Kristen yang taat.

Baca Juga: Aksi Lettu Pierre Tendean Jadi Mata-Mata di Malaysia

Keraguan ini terbit setelah kedua keluarga dipertemukan pada awal tahun 1965 di Yogyakarta. Waktu itu keluarga Chamim sedang ramai-ramai pulang kampung mengunjungi saudara mereka di sana.

"Meski kedua orang tuanya menyatakan keberatan, Pierre tetap yakin pada hatinya untuk melamar sang pujaan hati,"ucap Abie.

Pierre mulai merasa perbedaan pendapat antara dirinya dan kedua orang tuanya ini dapat diterima oleh keluarga setelah melihat perkembangan hubungan adiknya, Rooswidiati, dengan seorang pria Bugis beragama Islam bernama Muhammad Jusuf Razak yang mendapat lampu hijau dari Ayah Tendean.

Follow Berita Okezone di Google News

Pada awalnya, begitu mengetahui Roos didekati Jusuf menjelang awal tahun 1965 itu, Pierre segera mengirimkan sepucuk surat kepada adiknya itu. Dalam surat itu Pierre menulis dalam bahasa Inggris, ”Ayah dan ibu sangat menyayangi kamu (anak-anaknya). Jangan sakiti hati mereka. Mudah-mudahan kamu membuat keputusan yang benar (dengan pilihan priamu yang berbeda keyakinan).

Sejak pernikahan Roos dan Jusuf yang meriah itu, Pierre semakin mantap dengan pilihannya, Rukmini Chamim. Betapa semakin eratnya hubungan Pierre dan Mimin dapat dilihat dari salah satu keterangan yang diberikan Bu Nas terkait pernikahan ini.

Pada waktu Jenderal Nasution mengadakan peninjauan ke daerah Medan pada 31 Juli 1965, ia didampingi oleh Pierre dan Bu Nas. Dalam kesempatan itu, Pierre bertemu dengan Mimin untuk terakhir kalinya.

"Pada pertemuan itu dua sejoli ini memutuskan untuk meresmikan pernikahan. Bu Nas mengetahui peristiwa ini karena Pierre kerap bercerita ," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini