Kisah Hartini Cemburu pada Bung Karno

Doddy Handoko , Okezone · Kamis 18 Februari 2021 06:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 337 2363953 kisah-hartini-cemburu-pada-bung-karno-PGl3YsSSQx.jpg Soekarno (Foto: Ist)

SEBAGAI seorang wanita yang berstatus istri, tentu saja tidak nyaman jika ada wanita cantik yang mendekati suaminya, baik terang-terangan ataupun sembunyi-sembunyi. Hal itu dialami, Hartini, wanita yang dinikahi Bung Karno sebagai istri ke-4 (setelah Utari, Inggit Garnasih, dan Fatmawati).

"Sebagai seorang presiden, sebagai tokoh bangsa terbesar pada zamannya, sebagai lelaki tampan dan simpatik, jamak kiranya jika banyak wanita cantik menggandrunginya. Apa pun dalih dan latar belakangnya," kata Roso Daras, penulis buku "Sukarno, Serpihan Sejarah yang Tercecer".

Baca Juga:  Kisah Bung Karno Dapat Ide Buat Tugu Monas

Dalam buku itu, dituliskan, Hartini pernah mengatakan bahwa pertengkaran dalam rumah tangga adalah jamak." Dan hal yang selalu saya ributkan dengan Bapak selalu saja soal wanita,” ujar Hartini.

Akan tetapi, tidak ada pertengkaran yang tidak berakhir baik. “Bapak begitu mengerti perasaan wanita. Saya hormat sekaligus kagum pada beliau,” tambahnya.

Namun, rasa cemburu kadang muncul di dasar lubuk hati Hartini, demi melihat suaminya didekati atau mendekati wanita cantik lain.

Ia menemukan ide cemerlang untuk “membalas” rasa cemburunya kepada Bung Karno, yaitu saat Bung Karno mengadakan acara dan dilanjutkan dengan menari lenso kegemarannya.

Hartini pasang strategi, menggandeng tamu pria yang lebih muda, serta tampan parasnya. Ia ajak menari lenso bersama-sama para tamu lain, termasuk Bung Karno yang sedang asyik melenso bersama wanita lain, bagian dari tamu acara itu.

Baca Juga:  Bahan Kayu Tongkat Komando Bung Karno dari Tempat Keramat

Sembari menari lenso, Hartini menuntun pasangan menarinya berada pada posisi yang terlihat oleh Bung Karno. Tidak berhenti sampai di situ, Hartini biasanya melakukan obrolan akrab bahkan diseling tawa kecil yang terkesan mesra.

"Itu semua Hartini lakukan dengan sangat sadar untuk membakar bara cemburu di hati suaminya,"ucap Roso.

Bung Karno sejenak berhenti menari lenso, dan berjalan ke arah Hartini yang sedang melenso dengan pria yang lebih muda. Ditariknya tangan Hartini lepas dari si pria tadi.

Ada kalanya Hartini diajak menari lenso oleh Bung Karno, tapi kadang tidak. Bung Karno akan membimbing Hartini dan memasangkannya dengan pria yang jauh lebih tua. Bung Karno kembali menari lenso.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini