Database Kejaksaan RI Diduga Diretas

Erfan Maaruf, iNews · Rabu 17 Februari 2021 22:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 337 2363866 database-kejaksaan-ri-diduga-diretas-1g0ulM2Th3.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) tengah menelusuri atas dugaan adanya peretasan database kejaksaan yang tersebar di dunia maya. Database tersebut pun telah diunggah pada kehttps://raidforums.com/. Peretas mengatasnamakan dirinya Gh05t666nero.

Dalam data yang diunggah oleh peretas terlihat data yang diretas adalah nama lengkap, nomor telepon, alamat email dengan domain @kejaksaan.go.id, jabatan, pangkat kepegawaian, hingga nomor pegawai. 

Baca Juga: Kasus Asabri, Kejagung Sudah Sita 596 Hektare Tanah Milik Benny Tjokrosaputro

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan tengah menelusuri adanya peretasan database Kejaksaan tersebut. Dia mengklaim telah melakukan antisipasi dengan melakukan perubahan password bagi pengguna.

"Kejaksaan RI melalui Pusat Data Statistik Kriminal dan Teknologi Informasi (Pusdaskrimti) sudah melakukan langkah antisipatif dengan mengimbau pengguna untuk mengganti password agar tidak terjadi penyalahgunaan aplikasi," kata Leonard dalam keterangan tertulis, Rabu (17/2/2021).

Baca Juga: Tersangka Asabri Jimmy Sutopo Langsung Ditahan di Rutan KPK

Leonard menyebut pihaknya telah melakukan pengecekkan terhadap database dan tidak menemukan kesalahan database tersebut. Meski begitu dia masih melakukan pengecekan apakah data yang diretas merupakan data lama atau data baru.

"Semua aplikasi dan sistem sudah dicek dan diketahui dalam keadaan normal. Selanjutnya Pusdaskrimti sedang menelusuri apakah hal ini merupakan data peretasan lama atau kasus baru," jelasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini