Peristiwa 16 Februari : Makam Firaun Dibongkar hingga Hari Lahir Valentino Rossi

Tim Okezone, Okezone · Selasa 16 Februari 2021 07:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 337 2362690 peristiwa-16-februari-makam-firaun-dibongkar-hingga-hari-lahir-valentino-rossi-EL40GLp4zo.jpg Pembalap Moto GP Valentino Rossi. (Foto : Moto GP)

JAKARTA – Sejumlah peristiwa bersejarah terjadi pada tanggal 16 Februari. Peristiwa bersejarah itu di antaranya pembongkaran makan Firaun Tutankhamun oleh seorang Arkeolog, Howard Caster pada Februari 1923. Selain itu, 16 Februari merupakan hari kelahiran Valentino Rossi, pembalap fenomenal Moto GP.

Okezone merangkum sejumlah peristiwa yang terjadi pada 16 Februari, sebagaimana dilansir dari Wikipedia.org, Sabtu (16/2/2019) :

1. Makam Firaun Tutankhamun Dibongkar– 1923

16 Februari 1923 menjadi peristiwa besar dalam dunia arkeologi. Itu karena arkeolog berkebangsaan Inggris, Howard Carter, menemukan makam Tutankhamun. Ia memasuki kamar penguasa Mesir tersebut yang masih dalam keadaan tersegel. Hal tersebut menjadi momen puncak atas pencarian makam Firaun Tut, yang dilakukan Carter sejak tiba di Negeri Piramida 32 tahun lamanya.

Carter dipekerjakan Lord Carnarvon untuk mengawasi penggalian baru pada 1907. Ia diperkenalkan oleh Gosten Maspero, yang ingin agar Carter menerapkan metode arkeologi dan sistem pencatatan modern dalam penggalian-penggalian yang dibiayai Lord Carnavon.

Sejak 1914, Lord Carnavo telah membiayai penggalian Carter di Lembah Para Raja. Hal tersebut sempat terhenti oleh Perang Dunia I sampai 1917. Setelah lima tahun berlalu tanpa kesuksesan, pada awal 1922 Lord Carnavorn ingin menghentikan pencarian. Untungnya Carter dapat meyakinkannya untuk melanjutkan penggalian satu tahun lagi. Keputusan itu terbukti tepat karena pada November 1922, sebuah terobosan dalam pencarian ditemukan.

Tim Carter menemukan tangga tersembunyi di dalam reruntuhan di dekat pintu masuk makam lain yang mengarah ke sebuah pintu bernama Tutankhamun. Saat ditemukan, makam tersebut masih utuh dengan harta karun yang tidak tersentuh 3000 tahun lamanya.

2. Diciptakannya Bulletin Board System (BBS) – 1978

Sistem Papan Buletin atau Bulletin Board System (BBS) pertama kali diciptakan dan dapat digunakan sejak 16 Februari 1978 di Chicago, Illinois. BBS merupakan sistem elektronik yang standar, rendah biaya, dan akar rumput untuk menyiarakan atau merespon informasi mengenai suatu tema yang spesifik.

Informasi yang ditampilkan dalam program sistem ini menggunakan teks ASCII atau seni ANSI. Meskipun ada beberapa eksperimen program sistem papan buletin menggunakan format tampilan dengan resolusi yang lebih tinggi seperti protokol pencitraan jarak jauh atau remote imaging protocol.

Baca Juga : Aksi Lettu Pierre Tendean Jadi Mata-Mata di Malaysia

Awalnya, pengunaan sistem papan bulletin ini ganya dapat mengakses program melalui saluran telepon yang terhubung dengan modem. Namun, awal 1990 beberapa pengguna sistem ini dapat mengaksesnya melalui Telnet, paket jaringan berganti, atau koneksi radio paket.

3. Hari Lahir Valentino Rossi – 1979

16 Februari 1979 menjadi hari kelahiran pembalap tersukses sepanjang masa, Valentino Rossi. Rossi memang dilahirkan untuk menjadi pembalap, ia tumbuh di lingkungan yang sanagt mendukung kariernya. Ayahnya, Graziano Rossi, juga merupakan pembalap besar di masa ’70-an.

Rossi memiliki karier yang gemilang. Ia meraih titel juara di empat kelas yang berbeda di kejuaran pembalap Grandprix Motor Dunia. Selain itu ia juga berhasil menyandang tujuh gelar juara dunia di kelas puncak 500cc/MotoGP dan dua gelar di kelas 250cc dan 125cc.

Ia juga tercatat sebagai pembalap yang pertama dalan klasmen terbanyak memenangkan dalam sejarah 500cc/MotoGP dengan 86 kemenangan. Serta kedua di sepanjang masa memenangkan klasmen keseluruhan dengan 112 menang balapan. Bersama Jmmie Johnson (NASCAR), Michael Schumacher (F1) dan Sebastien Loeb (WRC), Rossi sering disebut sebagai salah satu legenda olahraga otomotif di awal abad 21.

4. Provinsi Gorontalo Diresmikan – 2001

Pada 16 Februari 2001, Provinsi Gorontalo diresmikan menjadi Provinsi ke-32 di Indonesia. Provinsi ini lahir di Indonesia pada 5 Desember 2000 yang kemudian dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2000.

Baca Juga : Saat Gus Dur Bikin Pemimpin Negara Adidaya Tertawa Ngakak 

Provinsi dengan Ibukota Kota Gorontalo atau yang terkenal dengan julukan “Kota Serambi Madinah” ini dihuni oleh ragam Etnis yang berbentuk Pohala’a atau keluarga. Di antaranya adalah Pohala’a Gorontalo (Etnis Hulontalo), Pohala’a Suwawa (Etnis Suwawa/Tuwawa), Pohala’a Bolango (Etnis Bulango/Bolango), dan Pohala’a Atinggola (Etnis Atinggola).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini