Jalaluddin Rakhmat Meninggal, Sejumlah Tokoh Puji Karyanya

Kiswondari, Sindonews · Selasa 16 Februari 2021 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 337 2362644 jalaluddin-rakhmat-meninggal-sejumlah-tokoh-puji-karyanya-2YUlFC0pbR.jpg Jalaluddin Rakhmat (Foto: Tangkapan layar media sosial)

JAKARTA - Cendekiawan Muslim, Jalaluddin Rakhmat meninggal dunia di usianya yang ke-72 tahun di Rumah Sakit Santosa, Bandung, Senin 15 Februari 2021. Jalaluddin sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah menjalani tes usap (swab test) PCR.

Sejumlah tokoh pun menyampaikan duka cita dan doa untuk pria yang akrab disapa Kang Jalal itu. Mereka semua memuji buku-buku karya Kang Jalal, meskipun beberapa di antara tokoh tersebut tidak mengenalnya secara pribadi.

"Baru mendapat kabar Kang Jalaluddin Rakhmat berpulang. Saya hanya mengenalnya dari buku-buku yang beliau tulis. Hemat saya, beliau, bersama Gus Dur, Cak Nur, Djihan Effendy, Moeslim Abdurrahman adalah intelektual besar Islam Indonesia. Innalillahi wainailaihi rojiun," kata Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Partai Demokrat, Rachland Nashidik dalam akun twitternya @RachlanNashidik.

Sama halnya dengan mantan Pimpiman Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode M Syarif. Dia mengakui kekagumannya terhadap buku karya Kang Jalal. Hal ini disampaikannya dalam akun Twitter pribadinya @LaodeMSyarif.

"Dulu kami mahasiswa selalu tergoda untuk membaca buku-bukumu yang bernas. Selamat jalan Kang Jalaluddin Rakhmat. Semoga mendapatkan tempat terbaik di sisi Illahi Rabbi. Alfatihah," tulis Laode.

Baca Juga : Ternyata 4 Hari Sebelumnya Istri Jalaluddin Rakhmat Juga Meninggal

Kemudian, mantan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan terima kasihnya atas pencerahan dan wawasan yang diberikan Jalaluddin Rakhmat lewat karya-karyanya. Hal ini disampaikannya melalui akun Twitternya @lukmansaifuddin.

"Selamat berpulang Kang Jalaluddin Rahmat.. Terima kasih tiada terhingga, telah mencerahkan dan memperluas wawasan keIslaman banyak anak muda pada era 1980-an.. Berpulanglah sepenuh rela.. Al-faatihah..," tulis politisi senior PPP itu.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini