Share

Rahasia Gus Dur Membuat Raja Fadh Tertawa Setelah 10 Tahun Diam

Doddy Handoko , Okezone · Senin 15 Februari 2021 06:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 337 2362019 rahasia-gus-dur-membuat-raja-fadh-tertawa-setelah-10-tahun-diam-9VvbUguSMj.jpg

Gus Hasyim Wahid, adik kandung mantan Presiden Abdurrahman Wahid memiliki cerita humor tentang Gus Dur.

Dikisahkan, saat itu Gus Dur mampir ke Arab Saudi. Raja Fadh , raja Arab Saudi saat itu, kena stroke, 10 tahun tidak bisa jalan dan tidak bisa ketawa. Begitu kedatangan Gus Dur, tidak tahu dikasih banyolan apa, semua terpingkal-pingkal.

"Saya dikirimi kliping-kliping koran yang ada di Riyadh, ibukota Arab Saudi. Peristiwa itu menjadi headline di Arab karena Rajanya bisa tertawa setelah 10 tahun tidak bisa tertawa,"katanya.

Hasilnya pinjaman Indonesia pada negara Arab Saudi dibebaskan. Ia waktu itu bilang pada teman-temannya di Jawa Timur, jika Gus Dur jadi presiden 5 tahun dan berkunjung ke luar negeri, utang Indonesia bisa dihapuskan semua.

"Saya pernah Tanya pada Gus Dur, Raja Fadh diceritain apa sehingga bisa tertawa terpingkal-pingkal? Ternyata diceritakan tentang Kiai NU,"ucapnya.

Ceritanya, Kiai NU sangat fanatik terhadap bacaan kitab kuning. Mereka kurang mengikuti bahasa arab modern. Nah, suatu ketika ada Kiai NU naik haji.

Dalam bahasa arab lama, suami istri yang melakukan hubungan suami istri bahasanya adalah duhul. Ini rupanya menjadi patokan kiai-kiai NU.

Saat kiai itu berjalan-jalan di Jeddah ada papan peringatan bertuliskan mammo’duhul yang artinya tidak boleh masuk atau verboden. Kiai itu mikirnya duhul yang artinya bersetubuh

Lalu kiai itu bilang,”Kok ya sempatnya berbuat begituan di jalan!”.

Raja Fadh mendengar banyolan Gus Dur itu tertawa tergelak-gelak.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini