Jabatan Kabareskrim Masih Kosong, Pengamat Nilai Ada Tarik Ulur di Wanjakti

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 12 Februari 2021 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 12 337 2360822 jabatan-kabareskrim-masih-kosong-pengamat-nilai-ada-tarik-ulur-di-wanjakti-TRhWXmoHyn.jpg Bareskrim Polri. (Ilustrasi/Dok Okezone)

JAKARTA - Posisi Kepala Badan Reserse (Kabareskrim) Polri hingga kini masih belum terisi, setelah Listyo Sigit Prabowo dilantik menjadi Kapolri pada 27 Januari 2021. Padahal, jabatan tersebut menjadi ujung tombak fungsi penegakan hukum di tubuh Korps Bhayangkara.

Pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Bambang Rukminto, menilai ada tarik ulur kepentingan di Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) ihwal posisi Kabareskrim pengganti Listyo Sigit.

"Ada tarik ulur kepentingan di Wanjakti, ada ewuh pakewuh karena Kapolri adalah paling junior dalam Wanjakgti, meski sebenarnya penunjukan Kabareskrim itu adalah kewenangan Kapolri," ujar Bambang melalui pesan teks kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (12/2/2021).

Menurut Bambang, Listyo akan sangat selektif terkait pengisian jabatan Kabareskrim. Sebab, kewenangan posisi tersebut sangat besar. Karenanya, Listyo akan menunjuk perwira tinggi (Pati) yang sangat dipercayainya.

"Peluangnya memang Kapolri akan menunjuk kawan satu angkatannya yang bisa mengamankan posisi beliau sekaligus siap menjadi bemper dari pada senior-seniornya. Sekaligus memberi kesempatan para senior yang sudah menjabat bintang tiga sementara aman di posisi masing-masing," tutur Bambang.

Baca Juga : Mabes Polri Segera Umumkan Kabareskrim Pengganti Listyo Sigit

Sebagaimana diketahui, sudah dua pekan lebih jabatan Kabareskrim kosong pasca Listyo Sigit Prabowo dilantik menjadi Kapolri menggantikan Idham Azis. Pati yang menduduki jabatan tersebut akan memiliki pangkat bintang tiga atau komisaris jenderal.

Baca Juga : Ini Kriteria Calon Kabareskrim Pengganti Listyo Sigit

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini