Share

Penyidik KPK Diadukan ke Dewas Terkait Ihsan Yunus

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Kamis 11 Februari 2021 22:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 337 2360765 penyidik-kpk-diadukan-ke-dewas-terkait-ihsan-yunus-oSKAKntwFU.jpg Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman melaporkan tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Dewan Pengawas (Dewas). Pelaporan dilakukan terhadap tim penyidik yang menangani kasus suap pengadaan bantuan sosial (bansos) Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek.

"Setelah kami cek benar ada laporan pengaduan dimaksud," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (11/2/2021).

Baca Juga: KPK Usut Sejumlah Dokumen Bansos Covid-19 saat Periksa Daning Saraswati

KPK, kata Ali, menghargai pelaporan yang dilakukan oleh Boyamin. Sebab, hal itu merupakan bagian peran serta masyarakat dalam ikut serta mengawasi proses penanganan perkara oleh KPK.

Namun, Ali menegaskan bahwa segala proses penyelesaian perkara oleh KPK selalu mengikuti aturan hukum yang berlaku. 

"Kegiatan proses penyidikan oleh KPK juga tidak semua harus disampaikan secara mendetail karena tentu ada beberapa bagian dari strategi penyidikan perkara yang masih berjalan yang itu bagian dari informasi yang dikecualikan sebagaimana ketentuan UU Keterbukaan Informasi Publik," tegas Ali.

Diketahui, MAKI mengadukan penyidik KPK yang menangani kasus dugaan pengadaan bansos Covid-19 ke Dewas KPK. Aduan dilayangkan, karena penyidik tidak juga memeriksa anggota DPR RI Fraksi PDIP Ihsan Yunus.

Baca Juga: Ketika Sudjiwo Tedjo Geram dengan Istilah "King Maker" dan "Madam Bansos"

Padahal, kediaman orangtua Ihsan Yunus telah digeledah KPK. Selain itu, adik Ihsan Yunus yang bernama Muhammad Rakyan Ikram telah diperiksa KPK.

"Kami mengadukan dugaan tidak profesionalnya penyidik perkara korupsi penyaluran sembako bansos Kemensos dengan tersangka Juliari Batubara, di mana penyidik tidak melakukan pemanggilan atau usulan pemanggilan sebagai saksi kepada Ihsan Yunus untuk membuat semakin terang perkara tersebut," ujar Koordinator MAKI Boyamin Saiman, Kamis 11 Februari 2021.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini