Kakorlantas Sebut Hari Ini Puncak Arus Mudik Libur Imlek

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 11 Februari 2021 22:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 337 2360755 kakorlantas-sebut-hari-ini-puncak-arus-mudik-libur-imlek-a5p8pEQ2nr.jpg Kakorlantas Polri Irjen Istiono saat meninjau arus mudik Imlek di KM 19 Tol Jakarta-Cikampek, Kamis (11/2/2021). (Foto : Ist)

JAKARTA - Kakorlantas Polri, Irjen Istiono, memprediksi puncak arus mudik libur Imlek 2021 terjadi pada hari ini. Personel polisi lalu lintas bersiaga untuk menciptakan suasana yang kondusif dan tertib.

Istiono menjelaskan, hari ini merupakan puncak arus libur Imlek, sehingga pengamanan arus lalu lintas akan disiapkan segala sesautnya secara maksimal.

“Hari ini sebagai puncak mudik libur Imlek, kemudian Haris minggu arus baliknya. Ini harus kita all out, berikan pengamanan juga jaga kesehatan, keselamatan, terapkan prokes,” kata Istiono di KM 19 Tol Jakarta-Cikampek, Jakarta, Kamis (11/2/2021).

Selain itu, ia meninjau proses swab antigen yang digelar di KM 19 tol Jakarta-Cikampek guna mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di libur Imlek.

Istiono mengungkapkan swab antigen gratis ini digelar dengan cara Drive-Thru agar pengendara test tanpa harus turun dari mobil. Dalam proses itu, ditemukan, satu orang yang reaktif. Dengan begitu, pengendara itu diwajibkan untuk putar balik agar ditindaklanjuti dengan swab PCR test.

“Nah tadi sudah lakukan selama kurang lebih setengah jam ya selama kurang lebih 25 orang. Dan yang terindikasi reaktif itu 1 orang dan ternyata bersama rekannya juga. Oleh karena itu, kita haruskan untuk putar balik dan tidak membuka masker agar segera ditindaklanjuti dengan PCR,” ujarnya.

Setidaknya terdapat 25 tenaga medis dari Dokpol Polda Metro Jaya yang dilibatkan dalam swab antigen. Hal ini menargetkan 100 sampai 200 orang untuk di swab antigen tersebut.

“Jumlah personel ada 25 orang dan dilaksanakan gratis sampai arus balik libur imlek nanti. Target yang di Swab itu 100-200 orang,” ucap Istiono.

Baca Juga : Imlek, Menag Ajak Masyarakat Tionghoa Doakan Pandemi Berakhir

Swab antigen gratis ini juga digelar di tempat-tempat lain yang menjadi titik konsentrasi perbatasan menuju Jawa. Swab antigen digelar selama 4 hari sampai arus balik libur imlek.

“Polda Metro akan melakukan kegiatan Ini selama 4 hari sampai arus balik libur Imlek. Jadi ini sebuah protap yang kami lakukan selama libur panjang. Selain digelar di Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Bukan di titik ini saja, tapi di perbatasan-perbatasan ini ada program PPKM yang memang harus kita antisipasi yaitu antar desa, antar masuk kota juga kita lalukan Swab antigen gratis ini terutama antisipasi libur panjang, apalagi ini libur imlek,” tutur Istiono.

Menurutnya, dalam masa libur panjang guna upaya untuk menekan penyebaran Covid-19. Sebab, kasus virus corona kerap naik jika ada libur panjang.

Baca Juga : Libur Panjang Imlek, Daop 1 Jakarta Jalankan 25 KA Jarak Jauh

“Perkembangannya kita pantau di lapangan, untuk titik-titik di lapangan berkerumunnya masyarakat, terutama konsentrasi ekonomi, wisata ini harus kita jaga. Ini kita pantau terus,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini