Gaduh Pernikahan Dini Aisha Wedding Menteri PPPA: Risikonya Sangat Besar!

Novie Fauziah, Okezone · Kamis 11 Februari 2021 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 337 2360459 gaduh-pernikahan-dini-aisha-wedding-menteri-pppa-risikonya-sangat-besar-mKnPgIjhfS.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengatakan, pernikahan dini yang saat ini tengah marak di masyarakat merupakan problem yang perlu diselesaikan.

(Baca juga: Promosikan Nikah Dini dan Poligami, Aisha Wedding Terancam Pasal Berlapis)

Perkawinan dini tersebut, dianggap sebagai jalan untuk menyelematkan hidup. Sebab mayoritas faktor utamanya, yaitu keterbatasan ekonomi dalam keluarga. Apalagi setelah adanya promosi dari Aisha Weddings, mengajak untuk melakukan perkawinan di bawah umur.

(Baca juga: Mantan Ketum FPI Dijerat Pasal Penghasutan, Ini Penjelasan Bareskrim)

"Jalan mudah dilakukan adalah dengan mengawinkan anaknya. Nah ini memang satu hal yang saya tidak berpikir panjang untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada," ujarnya saat media gathering virtual bertajuk Membangun Sinergi Mewujudkan Perempuan Berdaya, Anak Terlindungi, Indonesia Maju, Kamis (11/2/21).

Ia melanjutkan, khususnya dalam hal memberikan support kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa, perlu ditingkatkan. Kemudian salah satu peran Kemen PPPA ini, yakni melindungi anak-anak dari kekerasan akibat pernikahan atau perkawinan dini.

"Pernahkah kita berpikir, ketika anak dikawinkan dalam usia (dini) anak itu, risiko implikasinya akan sangat besar. Baik dari sisi pendidikan, kemudian kesehatan. demikian juga dalam hal ekonomi," terangnya.

Hal inilah yang kata dia seharusnya perhatikan bersama. Untuk itu Kemen PPPA, akan terus berusaha untuk melindungi anak-anak demi masa depannya. Khususnya menghindari pernikahan dini yang seharusnya tak terjadi.

"Makanya, kalau bagi kami yang Kementerian yang punya dalam hal Perlindungan Anak, dan mendapatkan amanah dalam pencegahan perkawinan anak ini hal yang serius," pungkasnya.

Sebelumnya, ajakan nikah di bawah umur yang diduga dilakukan Aisha Wedding dinilai sangat menyesatkan dan bisa dikenakan pasal berlapis. Pasalnya, konten wedding organizer tersebut mempromosikan kawin anak, promosi nikah siri dan poligami.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini