Jokowi: Vaksin Covid-19 Bukan Barang Mudah, Ini Rebutan!

Dita Angga R, Sindonews · Kamis 11 Februari 2021 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 337 2360344 jokowi-vaksin-bukan-barang-mudah-ini-rebutan-rbbELSfh2C.jpg Presiden Jokowi (Foto : Setneg)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah pusat terus berusaha keras mendapatkan tambahan vaksin  Covid-19 dari berbagai sumber. Dia mengatakan bahwa produsen vaksin jumlahnya tidak banyak tapi di saat yang sama diperebutkan oleh 215 negara.

“Rebutan semuanya. Sekarang ini yang baru bisa berjalan vaksinasinya kira-kira 42 negara. Yang lain rebutan mendapatkan vaksin. Kita sudah mendapatkan komitmen 426 juta,” katanya dalam Peresmian Pembukaan Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2021 di Istana Negara, Kamis (11/2/2021).

Jokowi mengaku bersyukur bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang sudah mulai melaksanakan vaksinasi. Namun dia mengingatkan agar vaksinasi dilakukan tepat sasaran.

“Ini Alhamdulillah, karena memang sejak awal, sejak Agustus kita sudah mulai pendekatan dengan produsen-produsen vaksin (Covid-19). Bukan barang yang mudah. Ini rebutan. Semua negara merebutkan vaksin. Oleh sebab itu vaksinasi harus tetap sasaran, tepat target betul. Jangan sampai meleset,” tuturnya.

Baca Juga : Jokowi: Buat Apa Satu Kota Lockdown Kalau yang Covid Satu Orang

Baca Juga : Satu Keluarga Tinggal di Bekas Kandang Kambing Setelah Rumahnya Dibongkar Rentenir

Dia meminta agar para kepala daerah juga harus mempersiapkan vaksinator. Dimana harus dipastikan jumlah vaksinator di masing-masing kota

“Dan juga manajemen vaksinasinya di lapangan. Mungkin di puskesmas silahkan melakukan tetapi harus ada yang dalam bentuk masal. Kumpulkan misalnya di gor, kumpulkan di balai kota dan dalam jumlah banyak. Sehingga harian ini kita bisa melakukan suntikan vaksin dalam jumlah yang banyak. Sehingga tercapai herd immunity,” pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini