Sebelum Meninggal, Penangguhan Penahanan Ustadz Maaher Ditolak 3 Kali

Erfan Maaruf, iNews · Kamis 11 Februari 2021 05:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 337 2360187 sebelum-meninggal-penangguhan-penahanan-ustadz-maaher-ditolak-3-kali-nZmNh9BPgB.jpg Ustadz Maaher semasa hidup (foto: ist)

JAKARTA - Meninggalnya Soni Eranata atau Ustadz Maaher At-Thuwailibi menyisakan penyesalan kuasa, kepada penyidik Mabes Polri yang telah selalu menolak permohonan penangguhan penahanan.

Kuasa hukum Ustadz Maaher, Juju Purwantara mengatakan, sebanyak tiga kali keluarga dan kuasa hukum meminta penangguhan penahanan pada penyidik.

"Penangguhan penahanan memang sudah diajukan oleh pihak keluarga dan juga kuasa hukumnya sebanyak tiga kali tetapi tidak juga dikabulkan," kata Juju saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Kamis (11/2/2021).

Baca juga:  2 Hari Sebelum Meninggal, Ustadz Maaher Tolak Dirawat ke RS Polri

Dia menyebut, tiga kali penangguhan penahanan yang diajukan ditolak karena alasan pihak kepolisian mengaku mampu memberikan fasilitas, dan dokter yang memadai di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Fasilitas dan dokter yang memadai, almarhum sudah cukup dan bisa dirawat baik di RS Polri Kramat Jati saja," katanya.

Baca juga:  Komnas HAM: Tak Ada Penyiksaan di Balik Meninggalnya Ustadz Maaher

Sementara itu, pihak mabes menjelaskan bahwa, soal penolakan penangguhan penahanan hal itu merupakan sepenuhnya kewenangan dari pertimbangan penyidik. Penyidik juga tidak memberikan penjelasan detail mengenai alasan penolakan tersebut.

"Penyidik juga memiliki pertimbangan lain sehingga penangguhan tidak dikabulkan oleh penyidik," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono dalam jumpa pers.

Mengenai upaya Komnas HAM untuk meminta penjelasan kepada Kejaksaan sebagai instansi yang bertanggung jawab setelah dinyatakan lengkap (P21) Juju mengaku belum mendapatkan informasi. Dia mengaku tidak ada koordinasi dari pihak Komnas HAM terkait hal itu.

"Terkait info Komnas HAM kuasa hukum belum dapat," jelasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini