DPR Setujui 3 Calon Hakim Agung dan Adhoc MA

Kiswondari, Sindonews · Rabu 10 Februari 2021 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 337 2359952 dpr-setujui-3-calon-hakim-agung-dan-adhoc-ma-r0R4j5yMaU.jpg DPR RI (Foto: Okezone)

JAKARTA - DPR menyetujui 3 nama calon hakim agung dan hakim adhoc pada Mahkamah Agung (MA). Persetujuan itu diputuskan dalam rapat paripurna DPR yang digelar Rabu (10/2/2021) siang ini.

Sebelum disetujui, Wakil Ketua Komisi III DPR RI melaporkan bahwa komisinya telah melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi Yudisial selaku panitia seleksi calon hakim agung dan calon hakim adhoc pada mahkamah agung pada tanggal 25 januari 2021 kemarin.

Baca Juga:  DPR Setujui 9 Calon Anggota Ombudsman RI Periode 2021-2026

Rapat itu dimaksudkan untuk mendengarkan proses seleksi yang telah dilakukan oleh panitia seleksi Komisi Yudisial dalam menyaring calon hakim agung dan calon hakim adhoc pada Mahkamah Agung.

"Dan dilanjutkan dengan rapat pleno Komisi III DPR RI untuk membicarakan tahapan uji kelayakan, di antaranya membahas rancangan mekanisme dan tatib, rancangan jadwal ,rancangan pengumuman di media cetak, dan rancangan judul makalah," kata Adies dalam laporannya.

Adies melanjutkan, pada tanggal 26 Ianuari 2021, dilanjutkan dengan pengambilan nomor urut oleh calon dan pembuatan makalah yang ditujukan untuk mengetahui visi, misi dan kompetensi apabila calon terpilih sebagai hakim agung dan hakim adhoc pada Mahkamah Agung.

Baca Juga:   Pengesahan Prolegnas Prioritas 2021 Terganjal RUU Pemilu

Kemudian, kata dia, proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis, 27-28 Januari 2021. Pada Kamis 28 januari 2021, Komisi III DPR melaksanakan rapat pleno dalam rangka mendengarkan pendapat dan pandangan fraksi-fraksi untuk memberikan persetujuan atau tidak memberikan persetujuan atau memberikan persetujuan sebagian dari 1 orang calon hakim agung dan 6 orang calon hakim adhoc pada MA.

"Berdasarkan pandangan fraksi, yang dibacakan masing-masing Kapoksi atau juru bicaranya, maka Komisi III DPR memberikan persetujuan atas nama calon hakim adhoc pada Mahkamah Agung yaitu; 1. Sinintha Yuliansih Sibarani sebagai hakim adhoc Tipikor pada MA.

2. Ahmad Jaka Mirdinata sbeagai calon hakim adhoc hubungan industrial pada MA. 3. Andari Yurikosari sebagai calon hakim adhoc hubungan industrial pada MA," ujar dia.

Melalui rapat paripurna ini, Komisi III DPR meminta agar hasil uji kelayakan fit and proper test calon hakim agung dan calon hakim adhoc pada MA mendapatkan persetujuan dan diproses berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Setelah mendengar laporan Komisi III DPR, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad selaku pimpinan sidang paripurna langsung meminta persetujuan kepada anggota dewan yang mengikuti rapat tersebut.

"Saya menanyakan apakah laporan komisi III DPR RI atas uji kelayakan calon hakim agung dan calon hakim adhoc pada MA RI dapat disetujui?," tanya Dasco kepada yang langsung dijawab kompak "Setuju," oleh anggota dewan yang hadir.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini