DPR Setujui 9 Calon Anggota Ombudsman RI Periode 2021-2026

Kiswondari, Sindonews · Rabu 10 Februari 2021 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 337 2359872 dpr-setujui-9-calon-anggota-ombudsman-ri-periode-2021-2026-lU06vCXAIO.jpg DPR setujui 9 calon anggota Ombudsman periode 2021-2026 (Foto: Kiswondari)

JAKARTA - DPR RI mengesahkan 9 calon Anggota Ombudsman RI (ORI) periode 2021-2026 dalam Rapat Paripurna penutupan masa sidang DPR, Rabu (10/2/2021) siang. Sebanyak 9 nama ini dipilih berdasarkan hasil uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi II DPR.

Sebelum disahkan, Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung memaparkan proses sebelum uji kelayakan terhadap 18 nama yang dikirim Presiden Joko Widodo (Jokowi), hingga terpilih 9 nama secara musyawarah mufakat.

Baca Juga:  Presiden Jokowi: Situasi Krisis, Cara Kerja Harus Inovatif!

Setelah mendapatkan mandat pada 19 Januari, Doli memaparkan, Komisi II meminta masukan pada Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan pemerhati layanan publik pada 25 Januari. Lalu, pihaknya mengkompilasi dan meneliti data calon ORI. Dan uji kelayakan dilakukan pada 26-27 Januari secara fisik maupun virtual.

"Pada 28 Januari 2021, Komisi II DPR bersepakat memilih dan menetapkan secara musyawarah mufakat untuk memilih 9 calon anggota ORI dengan komposisi 1 orang ketua, 1 wakil ketua dan 7 orang anggota," kata Doli dalam Rapat Paripurna DPR, Rabu (10/2/2021).

Doli menjelaskan, Anggota ORI harus memiliki kemampuan di bidang kebijakan publik, manajerial dan organisasi. Tentu DPR memiliki harapan besar agar 9 calon anggota terpilih ini bisa maksimal dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Baik dari segi anggaran, fasilitas maupun SDM. Serta, berpegang teguh pada independensi dan nondiskriminatif dalam menanganani dan menindaklanjuti maladministrasi pelayanan lembaga negara.

"Ombudsman RI diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan negara, agar setiap warga negara memperoleh rasa aman dalam pelayanan publik. Serta, meningkatkan upaya pemberantasan dan pencegahan praktik-praktik maladministrasi, diskriminasi, korupsi, kolusi, nepotisme, budaya hukum nasional dan supremasi hukum yang berintikan kebenaran keadilan," harapnya.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Resmi Naikkan Gaji Anggota Ombudsman hingga Rp29 Juta

Kemudian, Wakil Ketua DPR selaku pimpinan sidang, Sufmi Dasco Ahmad menanyakan persetujuan kepada seluruh anggota DPR yang hadir.

"Terima kasih pada bapak Ahmad Doli Kurnia Tandjung selaku Ketua Komisi II DPR. Selanjutnya, kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat apakah calon anggota Ombudsman RI masa jabatan 2021-2026 tersebut dapat disetujui?" tanya Dasco.

Lalu semua anggota menyatakan persetujuannya.

Kemudian, Dasco juga memperkenalkan 9 nama calon anggota ORI masa jabatan 2021-2026 dan dilanjutkan dengan foto bersama di depan mimbar pimpinan DPR.

Berikut, 9 Calon Anggota ORI terpilih Periode 2021-2026:

1. Ketua: Mokh Najih (dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)

2. Wakil Ketua : Bobby Hamzar Rafinus (ASN Menko Perekonomian)

3. Anggota: Dadan Suparjo Suharmawijaya (Anggota Ombudsman RI)

4. Anggota: Hery Susanto (Dir Ops. PT. Grage Nusantara Global)

5. Anggota: Indraza Marzuki Rais (Kepala SPI PT. PERIKANAN Nusantara, persero)

6. Anggota: Jemsly Hutabarat (pegawai PT. GMF Aeroasia)

7. Anggota: Johanes Widijantoro (dosen Unuversitas Atma Jaya)

8. Anggota: Robertus Na Endi Jaweng (peneliti KPPOD)

9. Anggota: Yeka Hendra Fatika (Ketua Pusat Kajian Pertanian Pangan dan Advokasi-PATAKA).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini