Cerita Kiai Nur Tentang 3 Filter Spiritual Gus Dur

Doddy Handoko , Okezone · Rabu 10 Februari 2021 08:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 337 2359573 cerita-kiai-nur-tentang-3-filter-spiritual-gus-dur-ZKa6WHSFju.jpg Kiai Nur Iskandar dan Gus Dur (Foto : nu.or.id)

JAKARTA - Almarhum K.H. Nur Iskandar Sq, tokoh NU dan teman dekat Abdurrahman Wahid atau Gus Dur mengatakan, ada tiga filter spiritual yang menjadi tempat Gus Dur berkonsultasi dari berbagai persoalan dunia.

"Lapis pertama adalah petunjuk Kiai Aaskita seperti K.H. Abdullah Faqih dari Langitan, Tuban, Kiai Abdullah Salam Buntet, Kiai Mustofa Bisri, dan sejumlah kiai berpengaruh yang "masih beredar" di mana-mana,"ujarnya saat Milad Gus Dur beberapa waktu yang lalu.

Di lapis kedua, ada sederet kiai nyentrik semacam K.H. Muslim Imampuro atau Mbah Lim, pengasuh Pondok Pesantren Al Muttaqien, Karanganom, Klaten, Jawa Tengah, dan juga Habib Jakfar dari Kudus, Jawa Tengah, serta Kiai Dimyati dari Pandegelang, Jawa Barat.

Filter terakhir adalah menyekar ke makam para leluhur atau waliullah, makam keramat.

Nur Iskandar yang merupakan teman dekat Gus Dur menuturkan di kalangan umat islam tradisional dikenal ada ulama pewaris yang nyeleneh. Banyak hal gaib yang terjadi pada perilaku atau ungkapan-ungkapannya. Sehingga diyakini apa yang akan terjadi hari ini akan terjadi sekian tahun ke depan.

Baca Juga : Meski Sakit, Gus Dur Kuat Keliling Jawa 2 Hari 

Baca Juga : KH Noer Muhammad Iskandar, Figur Santri Lirboyo Penakluk Jakarta

Gus Dur, kata dia, sejak muda sering menyampaikan statemen yang futuristic. Maka, wajar orang menilai Gus Dur itu wali. Sering pernyataan Gus Dur terkesan ganjil tahun itu tapi ternyata terjadi sekian tahun kemudian.

“Saya tidak berani mengatakan dengan gegabah Gus Dur wali, karena yang mengetahui wali adalah wali juga,” ucapnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini