Meski Sakit, Gus Dur Kuat Keliling Jawa 2 Hari

Doddy Handoko , Okezone · Rabu 10 Februari 2021 08:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 337 2359566 meski-sakit-gus-dur-kuat-keliling-jawa-2-hari-qcCAYjS2TO.jpg KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. (Ist)

YAHYA C Staquf , mantan Jubir Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur mengungkapkan bahwa kekuatan fisik Gus Dur luar biasa, padahal telah kena stroke.

Serangan stroke Gus Dur dialami suatu hari di kamar mandi kantor PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) di Kramat Raya, Jakarta. Pintu kamar mandi itu tak kunjung terbuka. Kamar mandi itu terkunci dari dalam dan Gus Dur berada di dalamnya.

Orang-orang menggedor-gedor pintu, tapi tak ada sahutan. Ketika akhirnya pintu itu dijebol, orang mendapati Gus Dur tergeletak bersimbah darah muntahannya.

“Itulah strokenya yang pertama dan paling dahsyat yang sungguh-sungguh merenggut kedigdayaan fisiknya,” ujar Yahya saat diwawancara beberapa waktu yang lalu.

Tapi, stroke tak mampu mengalahkan Gus Dur. Meski dengan kondisi badan yang kurang sehat, Gus Dur kuat 2 hari bepergian keliling Jawa untuk mengisi pengajian dan berziarah kubur.

"Demikian pula ketika menjadi Presiden, ajudannya kewalahan mengikuti pola kerja Gus Dur yang tak kenal waktu dari pagi ke pagi lagi," ucapnya.

“Dalam keadaan sakit payah pun, saya selalu melihat Gus Dur memberikan air wajah terbaiknya, yaitu senyum lebar nan khas. Itu dilakukannya tak terputus sampai akhir hayatnya. Saya yakin, semua itu hanya bisa dilakukan dengan satu kualitas tertinggi: cinta dan kasih sayang,” tambahnya.

Selain memiliki fisik prima, Gus Dur juga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan bidang apa saja, padahal Gus Dur tidak pernah mempelajarinya. Maka banyak orang menganggap Gus Dur mempunyai ilmu Ladunni, yaitu ilmu yang langsung diajarkan oleh Allah SWT.

Diceritakan, bahwa Gus Dur menguasi 7 bahasa dunia.

Baca Juga :  Misi Cerdik Gus Dur Keliling Dunia

“Kata-kata yang diucapkan Gus Dur juga sering menjadi kenyataan,” katanya.

Baca Juga : Gus Dur Dapat Pesan Gaib Akan Jadi Presiden

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini