Anies Optimistis Pers Jadi Pelopor Edukasi di Tengah Pandemi

Komaruddin Bagja, Sindonews · Selasa 09 Februari 2021 21:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 09 337 2359444 anies-optimistis-pers-jadi-pelopor-edukasi-di-tengah-pandemi-Ug96ppuydB.jfif Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri Puncak Peringatan perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Selasa (9/2/2021). Anies meyakini, pers bisa menjadi pelopor dalam memberikan edukasi yang baik pada masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Acara yang digelar secara daring dan luring tersebut juga dihadir Presiden RI, Joko Widodo, beberapa Menteri dari Kabinet Indonesia Maju, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Atal Sembiring Depari, Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh dan Insan Pers Seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya Anies mengucapkan terima kasih dan apresiasi karena Jakarta terpilih menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional 2021, terlebih tema pada peringatan hari pers nasional tahun ini juga menempatkan Jakarta sebagai kota yang berperan besar dalam pemulihan ekonomi pascapandemi.

“Izinkan dalam kesempatan ini atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kami mengucapkan terima kasih karena pada tahun 2021 ini Jakarta terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Pers Nasional, ini merupakan kehormatan bagi kami dan masyarakat Jakarta untuk dapat berperan sebagai fasilitator dalam kegiatan berskala nasional sepenting ini,” kata Anies.

Lebih lanjut, Anies juga mengajak seluruh insan pers pada peringatan Hari Pers Nasional 2021 untuk memperkuat sinergitas dan soliditas antara insan pers, pemerintah daerah maupun pusat, dan masyarakat. Sehingga bersama kita dapat menghadapi tantangan di era pandemi sekaligus terus mengabarkan optimisme kepada semua hingga nanti pandemi berakhir.

Baca Juga : HPN 2021, DPR: Suasana Hati Bangsa Tergantung Pers

Baca Juga : Hari Pers Nasional, Kapolri Minta Jurnalis Tangkal Hoaks Pengancam Bangsa

“Momentum hari pers di tengah pandemi ini, semoga dapat kita jadikan sebagai sarana untuk semakin memperkuat sinergitas dan kolaborasi antara pers, pemerintah, dan masyarakat. Dengan begitu kami yakin dunia pers Indonesia dapat terus berkontribusi tidak hanya menyajikan informasi, tapi juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tetap optimis dalam menghadapi situasi ini,” ajak Anies.

Mantan Mendikbud menceritakan banyaknya perubahan besar di kota Jakarta, terutama secara fisik. Hal tersebut disampaikan sebagai gambaran bagi peserta HPN 2021 yang tidak sempat menikmati kota Jakarta karena harus menghadiri acara tahunan tersebut secara daring.

“Meski kami tidak dapat menyambut Bapak dan Ibu, rekan-rekan pers semua, untuk melihat kemajuan kota Jakarta secara langsung karena kondisi pandemi COVID-19, namun dapat kami sampaikan bahwa ada hal yang berubah di Jakarta, antara lain di tahun 2020, Alhamdulillah Jakarta berhasil keluar dari 10 (sepuluh) besar kota termacet di dunia, membaik dari tahun ke tahun sejak 2017 (berdasarkan laporan TomTom Traffic Index Tahun 2020). Keadaan ini, tidak lepas dari upaya pembangunan transportasi terintegrasi yang terus dikembangkan di kota Jakarta dan berubahnya perilaku masyarakat yang makin banyak menggunakan transportasi publik,” lanjutnya.

Terakhir Anies menutup sambutannya dengan harapan agar pendemi segera berakhir dan mewujudkan tema Hari Pers Nasional 2021 yang menempatkan Jakarta sebagai kota yang berperan besar pada ekonomi nasional dan akselerator perubahan.

“Kita berharap, pendemi COVID-19 segera berakhir dan Jakarta bisa beradaptasi menjadi kota yang lebih maju, sehingga ketika Bapak dan Ibu nanti mengunjungi Jakarta secara langsung dapat merasakan suasana yang lebih nyaman,” tutup Anies.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini