Gus Dur Dapat Pesan Gaib Akan Jadi Presiden

Doddy Handoko , Okezone · Selasa 09 Februari 2021 06:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 09 337 2358909 gus-dur-dapat-pesan-gaib-akan-jadi-presiden-3GCrFo1FVM.jpg Gus Dur. (Foto: Istimewa)

BANYAK ucapan dan tindakan Gus Dur yang tidak masuk akal namun menjadi kenyataan. Menteri era Gus Dur, Marsilam Simanjuntak menceritakan bahwa sebelumnya Gus Dur telah mengetahui dirinya akan menjadi Presiden.

Cerita tentang pernyataan bahwa Gus Dur akan menjadi presiden didengar oleh Marsilam.

Hal ini dituturkan oleh Mahfud MD dalam bukunya “Setahun bersama Gus Dur: Kenangan menjadi Menteri di saat Sulit” .

Suatu ketika Mahfud bertanya kepada Marsilam Simanjuntak. “Sebagai kawan lama Gus Dur, apakah Pak Marsilam mempercayai kegaiban,” tanya Pak Mahfud.

Marsilam bercerita bahwa jauh sebelum menjadi Presiden, Gus Dur sudah menceritakan adanya pesan gaib bahwa dia akan menjadi presiden.

Suatu hari rapat Forum Demokrasi (Fordem) meminta Gus Dur mundur atau berhenti sebagai ketua. Alasannya, Gus Dur terlalu sibuk sehingga tak sempat mengurus Fordem dengan benar.

Baca juga: Misi Cerdik Gus Dur Keliling Dunia

Atas permintaan mundur itu, Marsilam menuturkan, Gus Dur menanggapi dan menerima dengan enteng sambil mengatakan bahwa yang lebih pantas memimpin Fordem memang orang tekun dan teliti seperti Marsilam.

“Saya sendiri sudah sangat sibuk. Kata Mbah Hasyim, saya akan segera jadi presiden,” demikian Gus Dur menjawab tanpa beban. 

Baca juga: Pesawat Gus Dur Akan Mendarat Tiba-tiba Hujan Reda

Mbah Hasyim adalah Kyai Hasyim Asy’ari, kakek Gus Dur yang dikenal sebagai pendiri NU. Reaksi orang-orang Fordem atas tanggapan Gus Dur itu beragam. Ada yang tertawa karena menganggap Gus Dur sedang melucu seperti biasanya. Ternyata, Gus Dur benar-benar menjadi presiden. 

“Sebagai orang Kristen, saya tak percaya hal-hal begitu, tapi nyatanya Mas Dur benar-benar jadi presiden,” ujar Marsillam .

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini