Menantu Soekarno Meninggal Dunia, Prosesi Kremasi Berlangsung Tertutup di Bali

Bagus Alit, iNews · Senin 08 Februari 2021 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 337 2358532 menantu-soekarno-meninggal-dunia-prosesi-kremasi-berlangsung-tertutup-di-bali-gTq0MI3wIo.jpg Proses kremasi jenazah almarhum Frits Frederik Seegers (Foto: Bagus Alit)

BADUNG - Jenazah almarhum Frits Frederik Seegers, suami dari Karina Kartika Sari Soekarno yang merupakan putri presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, dari pernikahannya dengan perempuan asal Jepang, Ratna Dewi Soekarno meninggal dunia.

Jenazah, Senin (8/2/2021) dikremasi di Krematorium Kerta Semadi-Mumbul, Kuta Selatan, Badung, Bali. Sebelumnya, almarhum Frits Frederik Seegers yang berkewarganegaraan Belanda meninggal dunia di Bali pada Rabu 3 Februari 2021 dini hari. Dikabarkan meninggal dunia karena mengalami insulin shock dan cardiac arrest atau gagal jantung.

Baca Juga:  Peristiwa 18 Agustus : Bung Karno Resmi Jadi Presiden RI

Prosesi kremasi berlangsung tertutup bagi awak media. Prosesi kremasi hanya dihadiri secara terbatas oleh pihak keluarga, kerabat, undangan, dan sejumlah rekan dekat almarhum.

Berdasarkan pantauan, halaman Krematorium Kerta Semadi-Mumbul tampak dipenuhi jejeran karangan bunga ikut berbela sungkawa dari sejumlah pejabat maupun tokoh nasional. Sementara, karangan bunga berukuran jumbo ikut berbela sungkawa dari presiden Indonesia kelima, Megawati Soekarnoputri terpampang di bagian depan tempat kremasi.

Suasana duka langsung hadir saat ambulans yang membawa jenazah almarhum Frits Frederik dari Rumah Sakit Bali Mandara, Denpasar tiba di tempat kremasi dengan diiringi sejumlah keluarga dekat almarhum mulai dari anak almarhum Frederik Kiran Soekarno Seegers, istri almarhum Karina Kartika Sari Soekarno, hingga Ratna Sari Dewi Soekarno yang merupakan istri Soekarno.

Saat memasuki krematorium, Ratna Sari Dewi Soekarno dan Karina Kartika Sari Soekarno terlihat menggunakan kebaya berwarna hitam, dan langsung dipersilakan duduk di barisan terdepan. Enam orang anggota Satpol PP Provinsi Bali selanjutnya bertugas mengangkat peti jenazah dari ambulans untuk diletakkan di tempat kremasi.

Baca Juga:  Jenazah KH Atabik Ali Dimakamkan di Makam Keluarga Dongkelan

Sebelum pelaksanaan kremasi, terlebih dulu digelar misa dipimpin seorang pastor. Usai kremasi, abu dari jenazah almarhum Frits Frederik Seegers rencananya akan langsung disemayamkan di Krematorium Kertha Semadi.

Almarhum Frits Frederik Seegers selama ini dikenal bergelut di dunia perbankan dan pernah menjabat sebagai Presiden Citibank Eropa. Almarhum Frits Frederik Seegers menikah dengan Karina Dewi Soekarno pada 2 Desemebr 2005 dan dikaruniai seorang anak laki-laki, Frederik Kiran Soekarno Seegers.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini