Jokowi Minta Masyarakat Aktif Kritik Pelayanan Publik

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 08 Februari 2021 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 337 2358455 jokowi-minta-masyarakat-aktif-kritik-pelayanan-publik-OkmsoqyRuf.JPG Foto: Biro Setpres

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat lebih aktif memberi kritik atau masukkan kepada pelayanan publik. Hal tersebut perlu dilakukan demi mencegah potensi maladministrasi dan untuk perbaikan.

(Baca juga: Bareskrim Serahkan Habib Rizieq ke Kejaksaan Hari Ini)

"Semua pihak harus menjadi bagian dari proses untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik, masyarakat harus lebih aktif menyampaikan kritik masukan ataupun potensi maladministrasi," katanya dalam acara Peluncuran Laporan Tahunan Ombudsman 2020 secara virtual, Senin (8/2/2021).

Sementara itu, kata Jokowi, penyelenggara pelayanan publik harus terus meningkatkan upaya perbaikan. Dengan demikian, harapan terciptanya layanan publik yang baik dapat terwujud.

(Baca juga: Jokowi Tak Balas Surat AHY, PDIP: Sangat Tepat!)

Menurut Jokowi, pelayanan publik di masa pandemi corona harus mampu mengubah frekuensinya kerjanya dari normal ke extraordinary atau luar biasa. Pelayan publik juga harus mengubah mindsetnya agar tidak terjebak pada rutinitas dan bekerja secara inovatif dan smart shortcut.

"Saya menyadari banyak hal yang sudah kita capai dan juga banyak hal yang perlu kita perbaiki. Saya yakin Ombudsman Republik Indonesia juga telah menemukan berbagai kekurangan yang perlu kita perbaiki. Catatan ini sangat penting untuk mendorong peningkatan standar kualitas pelayanan publik di masa yang akan datang," tutur Jokowi.

Di akhir sambutannya, Jokowi mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan serta anggota Ombudsman periode 2016-2021. Sementara untuk pimpinan dan anggota Ombudsman periode 2021-2026, Kepala Negara mengucapkan selamat bertugas.

Jokowi berharap Ombudsman dapat terus membantu meningkatkan kualitas pelayanan publik di Indonesia.

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota Ombudsman periode 2016-2021 serta selamat bertugas kepada pimpinan Ombudsman periode 2021-2026," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini