Gus Dur Cuma Bawa Nasi Putih di Pesawat dari Yogya ke Jakarta

Doddy Handoko , Okezone · Senin 08 Februari 2021 06:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 337 2358270 gus-dur-cuma-bawa-nasi-putih-di-pesawat-dari-yogya-ke-jakarta-EmcEGPcPym.jpg Gus Dur. (Foto: Istimewa)

GUS DUR dan mantan asprinya, Al Zastrouw mempunyai pengalaman menggelikan. Ceritanya, setelah Gus Dur menjenguk mbak Lisa (Puteri Gus Dur) yang KKN di desa pedalaman Magelang, malam itu Gus Dur mengisi ceramah pengajian di Magelang.

Selesai ceramah, langsung ngobrol bersama aktivis, sambil nunggu subuh, karena pagi itu Gus Dur harus balik ke Jakarta lewat bandara Yogya.

Hari itu ia mengikuti Gus Dur sampai di Bandara Yogya untuk membawa berkat dari panitia, besek besar dan kecil. Saat masuk ruang tunggu bandara Gus Dur berkata , "Tro, itu berkatnya kita bagi dua kamu ambil yang kecil yang besar untuk saya".

Sampai di kos, ia membuka besek berkat tersebut. Ternyata isinya lauk pauk makanan, ikan daging dan sayur. Pagi itu warga kosan makan nikmat karena berkat dari Gus Dur.

Baca juga: Zastrouw: Gus Dur Selamatkan Aktivis Mahasiswa

Beberapa hari kemudian ia ke Jakarta. Saat menghadap Gus Dur, langsung saja dia bilang, "Ternyata besek besar kemarin isinya cuma nasi, Tro. Jauh-jauh dari Yogya ke Jakarta naik pesawat cuma bawa nasi putih".

Baca juga: Adhie Massardi Dikenalkan Islam "Rahmatan Lil Alamin" oleh Gus Dur

"Iya Gus, pantesan yang besek kecil itu isinya lauk pauk dan ikan doang"

Rupanya panitia sengaja memisahkan nasi dan lauk pauk spy tidak basi," jawab Zastrouw.

"Inilah resikonya berpikir simbolik. Yang isinya belum tentu sesuai dengan simbolnya. Aku mulih besek besar ternyata isinya lebih berharga besek kecil" jawab Gus Dur sambil tertawa ngakak.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini