Firmanzah, Dekan Termuda UI yang Gantikan Anies Baswedan Jadi Rektor Paramadina

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 06 Februari 2021 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 06 337 2357502 firmanzah-dekan-termuda-ui-yang-yang-gantikan-anies-baswedan-jadi-rektor-paramadina-QKvqVEl2cM.jpg Almarhum Firmanza Rektor Universitas Paramadina.(Foto: Ist)

JAKARTA - Rektor Universitas Paramadina sekaligus Guru Besar FEB Universitas Indonesia (UI), Prof. Firmanzah, S.E., M.M., M.Phil., Ph.D, meninggal dunia pada hari ini, Sabtu (6/2/2021).

Pria kelahiran Surabaya, 7 Juli 1976 itu dikenal sebagai akademisi asal Indonesia. Awalnya, ia menjadi dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) periode 2009-2013.

Sebagai akademisi, terpilihnya Firmanzah sebagai dekan menerobos senioritas dalam tubuh Universitas Indonesia. Bahkan terkait hal itu, ia tercatat menjadi sejarah baru sebagai dekan termuda yang pernah dimiliki Universitas Indonesia.

Baca Juga: Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, Rektor Universitas Paramadina Firmanzah Wafat

Setelah melalui perjuangan dan beberapa pemikirannya akhirnya, Firmanzah pada 15 Januari 2015, terpilih sebagai Rektor Universitas Paramadina periode 2014-2018, menggantikan Anies Baswedan yang ketika itu dipilih sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca Juga: Firmanzah Meninggal Dunia, Eks Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi

Firmanzah merupakan lulusan Fakultas Ekonomi UI pada 1998. Ia juga sempat bekerja sebagai analis pasar pada sebuah perusahaan asuransi dan menjadi asisten dosen di UI.

Lalu, Firmanzah kemudian meneruskan studinya ke Universitas Lille di Prancis. Ia mendalami bidang strategi organisasi dan manajemen atas beasiswa dari universtas tersebut.

Firmanzah juga sekaligus menjalani studinya pada tingkat doktoral dalam bidang manajemen internasional dan strategis di Universitas Pau and Pays De l’Adour, dan selesai pada 2005.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini