Terkait Bupati Sabu Raijua, Penyelenggara Pemilu Diminta Cermat Lakukan Verifikasi

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 05 Februari 2021 04:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 337 2356774 terkait-bupati-sabu-raijua-penyelenggara-pemilu-diminta-cermat-lakukan-verifikasi-Gh0tnHs33A.jpg Bupati terpilih Sabu Raijua Orient P Riwu Kore. (Ist)

JAKARTA - Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menyatakan, pihak penyelenggara Pemilu harus lebih cermat dan teliti dalam melakukan proses verifikasi peserta Pilkada ke depannya. Hal ini terkait munculnya fakta bahwa terpilihnya Orient P Riwu Kore sebagai Bupati Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang disebut masih berstatus warga Amerika Serikat (AS).

"Untuk konteks penyelenggara pemilunya mesti benar, cermat dan hati-hati dalam melakukan verifikasi," kata Manajer Program Perludem Fadli Ramadhanil saat dikonfirmasi MNC Media, Jakarta, Rabu (4/2/2021).

Sementara itu, Fadli juga menyebut harus ada kevalidan data kependudukan yang faktual. Hal ini guna menghindari hal serupa bisa terulang kembali.

"Penataan administrasi kependudukan mesti terkonsolidasi dengan baik. Dua sektornya, Imigrasi dan Dukcapil," ujarnya.

Sebelumnya, Bawaslu Sabu Raijua mengklaim telah memperoleh kepastian status kewarganegaraan Orient P Riwu Kore.

Baca Juga : Dirjen Disdukcapil Kemendagri: Orient P Riwu Punya Paspor AS tapi Tak Lepas Status WNA

ā€¯Pihak Kedubes AS di Jakarta sudah memberikan konfirmasi dan mengiyakan bahwa yang bersangkutan masih berkewarganegaraan AS," kata Ketua Bawaslu Sabu Raijua Yugi Tagi Huma saat dihubungi dari Kupang, Selasa (2/2/2021).

Baca Juga : Jika Terbukti WNA, DPR Sebut Kemenangan Bupati Sabu Raijua Terpilih Bisa Dibatalkan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini