4 Jam Diperiksa, Abu Janda Berkelit Hina Pola Pikir Natalius Pigai, Bukan Fisik

Erfan Maaruf, iNews · Kamis 04 Februari 2021 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 337 2356469 4-jam-diperiksa-abu-janda-berkelit-hina-pola-pikir-natalius-pigai-bukan-fisik-c219iiSlI9.jpg Abu Janda. (Foto: Erfan M)

JAKARTA - Permadi Arya alias Abu Janda telah selesai menjalani pemeriksaan penyidik Dittipid Siber Bareskrim Polri, terkait kasus dugaan ujaran rasisme kepada Natalius Pigai. Dia berkelit ujaran 'evolusi' kepada Natalius Pigai bukan ditujukan secara fisik, melainkan pikiran.

Dia mengaku diperiksa selama empat jam sejak pukul 10.00-14.00 WIB dan mendapat 20 pertanyaan dari penyidik. Dia dimintai klarifikasi atas pernyataannya di Twitter.

"Saya sudah jelasin ke pak polisi bahwa yang tidak disertakan dalam yang viral itu adalah bahwa tweet saya itu bermula dari tweetnya Natalius Pigai yang menghina seorang jenderal yang sudah senior, purnawirawan yang sangat berjasa bagi negeri ini (Hendropriyono). Dia menghina dengan sangat keji dan bahkan body shaming, dia bilang 'apa kapasitas kau dedengkot tua?' Dia bilang begitu," katanya di Bareskrim Mabes Polri, Kamis (4/2/2021).

Baca juga: Abu Janda Penuhi Panggilan Bareskrim Terkait Kasus Rasisme Natalius Pigai

Abu Janda yang mengaku sebagai penggemar Hendropriyono kesal atas ejekan tersebut. Dia kemudian balik menghina Natalius Pigai.

"Saya balas, saya tanya balik ke dia 'apa cara berpikir kau sudah evolusi belum?’ 'cara berpikir kau', 'kapasitas berpikir kau?'," jelasnya.

Baca juga: Ambroncius Nababan Ditetapkan Tersangka, Hanura : Rasisnya di Mana?

Abu Janda membenarkan dia berbalik menghina Natalius Pigai dengan kata evolusi. Namun dia berkelit, bahwa maksudnya adalah menghina pola pikir Pigai, bukan untuk menghina fisik.

"Jadi ketika saya pakai kata evolusi, sebelum kata evolusi, ada kata kapasitas, jadi saya dalam konteks menanyakan Natalius Pigai. 'Sudah selesai belum kapasitas berpikir kau?'," kata Permadi.

Sebelumnaya, Permadi merespons kritik Natalius Pigai yang berkomentar kepada mantan Kepala BIN Hendro Priyono dalam salah satu berita nasional. Dalam berita itu, Permadi menanyakan kapasitas Hendropriyono dalam negeri ini.

Melalui akun Twitternya, Permadi kemudian mempertanyakan balik kapasitas Pigai. Dia mengunggah kata-kata yang kemudian dinilai sebagai bentuk rasial kepada seorang keturunan Papua.

"Kapasitas Jenderal Hendropriyono:Mantan Kepala BIN, Mantan Direktur Bais, Mantan Menteri Transmigrasi, Profesor Filsafat Ilmu Intelijen, Berjasa di Berbagai Operasi militer. Kau @NataliusPigai2 apa kapasitas kau? Sudah selesai evolusi belum kau?," cuit Permadi dalam tangkapan layar akun @permadiaktivis1, Sabtu (2/1/2021).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini