Menag: Imlek Harus Jadi Momentum Merefleksi dan Memperbarui Diri

Qur'anul Hidayat, Okezone · Kamis 04 Februari 2021 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 337 2356300 menag-imlek-harus-jadi-momentum-merefleksi-dan-memperbarui-diri-9Wn0rpcG25.jpg Gus Yaqut. (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas berpesan kepada seluruh umat Konghucu di Tanah Air yang akan merayakan Imlek pada 12 Februari 2021.

Pria yang akrab disapa Gus Yaqut itu meminta agar perayaan Imlek dijadikan momentum untuk merefleksi dan memperbarui diri, jadi insan yang lebih baik.

"Perayaan Imlek harus dijadikan momentum, umat Konghucu dan Tionghoa merefleksi diri, memperbaharui diri jadi insan lebih baik seiring datangnya tahun baru," ujar Gus Yaqut, sebagaimana konferensi pers yang ditayangkan oleh Sekretariat Presiden, Kamis (4/2/2021).

Baca juga: Imlek di Tengah Pandemi, Menag Minta Perayaannya secara Virtual

Selain itu, lanjut Gus Yaqut, dia juga meminta agar umat Konghucu berdoa agar umat manusia bisa segera terbebas dari Covid-19.

Sebelumnya, Gus Yaqut mengatakan, pemerintah memahami bahwa perayaan Imlek 2021 adalah hari yang dinanti oleh umat Konghucu. Tentu saja momen tersebut dilaksanakan dengan penuh kegembiraan dengan berbagai kegiatan.

Baca juga: Sambut Imlek, Chinatown Pasang Lentera Lambang Harapan

Namun, tahun ini semua itu bakal berbeda dengan adanya pandemi Covid-19. Untuk itulah, Menag meminta umat Konghucu untuk mawasdiri dengan merayakan Imlek secara sederhana. Salah satunya adalah dengan melakukan perayaan secara virtual.

Terkait ini, Gus Yaqut sudah berkomunikasi dengan tokoh-tokoh Konghucu dan Tionghoa. Dia meminta agar perayaan sebaiknya dilaksanakan secara virtual guna mencegah timbulnya kerumunan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini