Imlek di Tengah Pandemi, Menag Minta Perayaannya secara Virtual

Qur'anul Hidayat, Okezone · Kamis 04 Februari 2021 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 337 2356287 imlek-di-tengah-pandemi-menag-minta-perayaannya-secara-virtual-uJMM2YmSxn.jpg Gus Yaqut. (Foto: IG @gusyaqut)

JAKARTA - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pemerintah memahami bahwa perayaan Imlek 2021 adalah hari yang dinanti oleh umat Konghucu. Imlek biasanya dirayakan dengan saling kunjung-mengunjungi.

Namun, tahun ini semua itu bakal berbeda dengan adanya pandemi Covid-19. Untuk itulah, Menag meminta umat Konghucu untuk mawasdiri dengan merayakan Imlek secara sederhana. Salah satunya adalah dengan melakukan perayaan secara virtual.

Baca juga: Keluarkan Instruksi soal Prokes 5M, Menag Minta Jajarannya Jadi Teladan

"Imlek adalah ungkapan syukur, juga dilaksanakan dengan silaturahmi atausaling berkunjung, ini bisa diganti dengan cara-cara yang saling menjaga satu sama lain, bisa dengan cara virtual," kata pria yang biasa disapa Gus Yaqut itu, sebagaimana konferensi pers yang ditayangkan oleh Sekretariat Presiden, Kamis (4/2/2021).

Baca juga: Menag Minta Pesantren dan Tokoh Agama Diprioritaskan Vaksinasi Covid-19

Gus Yaqut mengatakan, dirinya sudah berkomunikasi dengan tokoh-tokoh Konghucu dan Tionghoa tentang hal ini. Dia meminta agar perayaan sebaiknya dilaksanakan secara virtual guna mencegah timbulnya kerumunan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini