Bupati NTT Terpilih Berstatus Warga AS, Perludem: Proses Verifikasi Calon Tidak Maksimal

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 04 Februari 2021 06:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 337 2356145 bupati-ntt-terpilih-berstatus-warga-as-perludem-proses-verifikasi-calon-tidak-maksimal-wwBl9tqCyi.jpg Orient P Riwu (foto: ist)

JAKARTA - Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menyatakan, bahwa proses verifikasi calon tidak maksimal terkait munculnya fakta bahwa terpilihnya Orient P Riwu Kore sebagai Bupati Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), karena disebut masih berstatus warga Amerika Serikat (AS).

"Ini juga memperlihatkan bahwa proses verifikasi berkas syarat calon tidak maksimal dilakukan. Sehingga ini bisa kecolongan," kata Manajer Program Perludem Fadli Ramadhanil saat dikonfirmasi MNC Media, Jakarta, Kamis (4/2/2021).

Baca juga:  Isu Dwi Kewarganegaraan Orient P Riwukore Terendus sejak Penjaringan Calon

Menurut Fadli, seharusnya pihak terkait sudah mampu mendeteksi segala kemungkinan untuk meloloskan calon ketika mengikut pesta demokrasi.

"Ini persoalan, yang mesti dievaluasi sejak di hilir. Yakni pencatatan dan status kependudukan yang bermasalah," ujar Fadli.

Baca juga:  Bawaslu Sebut Bupati Terpilih Sabu Raijua Lakukan Pembohongan Publik

Fadli menjelaskan, jika memang orang yang sudah menerima warga negara lain, dalam hal ini, otomatis, status kewarganegaraan Indonesianya hilang.

"Dan itu mestinya terekam di data imigrasi dan data Dukcapil," ujar Fadli.

Sebelumnya, Bawaslu Sabu Raijua mengklaim telah memperoleh kepastian status kewarganegaraan Orient P Riwu Kore.

”Pihak Kedubes AS di Jakarta sudah memberikan konfirmasi dan mengiyakan bahwa yang bersangkutan masih berkewarganegaraan AS," kata Ketua Bawaslu Sabu Raijua Yugi Tagi Huma saat dihubungi dari Kupang, Selasa (2/2/2021).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini