Isu Dwi Kewarganegaraan Orient P Riwukore Terendus sejak Penjaringan Calon

INews.id, · Rabu 03 Februari 2021 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 337 2355749 isu-dwi-kewarganegaraan-orient-p-riwukore-terendus-sejak-penjaringan-calon-YZK1TPJuul.jpg Orient P Riwu (foto: ist)

JAKARTA - Isu dwi kewarganegaraan yang menyeret Bupati Sabu Rajiua terpilih yaitu Orient P Riwukore, sudah terendus sejak proses penjaringan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada serentak 2020. Orient disebut berstatus warga negara Amerika Serikat (AS).

Hal itu diungkapkan oleh Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. Dia mengatakan, Partai Demokrat bersama PDI Perjuangan menjadi pendukung Orient - Thobias Uly dalam pemilihan kepala daerah Kabupaten Sabu Raijua. Partai Demokrat menempatkan kadernya Thobias sebagai calon wakil bupati, sementara Orient selaku kader PDIP ditempatkan sebagai calon bupati.

Baca juga:  Bawaslu Sebut Bupati Terpilih Sabu Raijua Lakukan Pembohongan Publik

Kamhar mengatakan, isu Orient yang memiliki kewarganegaraan ganda sudah sempat berembus. Hanya saja, Partai Demokrat tetap mengusungnya lantaran telah mendapatkan klarifikasi.

"Isu kewarganegaraan ini sudah sempat berhembus di awal penjaringan dan terdeteksi oleh Bappilu Partai Demokrat, karenanya kami menindaklanjuti dan meminta klarifikasi kepada Jefri Riwukore yang merupakan Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi NTT mengingat proses penjaringan yang kami lakukan secara berjenjang mulai dari DPC untuk Pilkada kabupaten/kota," kata Kamhar di Jakarta, Rabu (3/2/2021).

 Baca juga: DPR Sebut Kasus Bupati Sabu Raijua Terpilih Jadi Tamparan KPU

Dia menyebut dalam pengusungan paslon bupati dan wakil bupati Kabupaten Sabu Raijua, Partai Demokrat memang lebih berfokus mendalami cawabup Thobias yang merupakan kadernya. Sementara, sebagai PDIP dianggap lebih berwenang untuk memperdalam kadernya yaitu Orient Riwukore.

"Setelah mendapat penjelasan dari Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi NTT tentang prospek koalisi PDIP dan Partai Demokrat pada Pilkada Sabu Raijua termasuk penjelasan kewarganegaraan Orient Riwukore yang tak ganda, maka Bappilu mengajukan permohonan rekomendasi kepada Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)," ujarnya.

Sementara itu, menyikapi kasus dwi kewarganegaraan Orient, Partai Demokrat mengaku bakal mengikuti regulasi yang bakal diberlakukan terhadap bupati terpilih Orient.

"Menyikapi perkembangan terbaru tentang isu kewarganegaraan ini, Partai Demokrat menghormati dan patuh pada regulasi yang mengatur Pilkada. Tentunya dengan tetap memperhatikan hak-hak hukum dari yang bersangkutan," katanya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini