Jhoni Allen Diduga Terlibat Kudeta Pimpinan Demokrat

MNC Portal, · Selasa 02 Februari 2021 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 337 2355058 jhoni-allen-diduga-terlibat-kudeta-pimpinan-demokrat-bzrLyZaLqb.jfif Kader partai Demokrat, Jhoni Allen Marbun (foto: Antara)

JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat, Renanda Bachtar mengungkap, salah satu orang yang diduga terlibat dalam upaya pengambilalihan paksa, atau kudeta kursi pimpinan partainya adalah Jhoni Allen Marbun.

"Johnny Allen Marbun," ungkap Renan saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Selasa (2/2/2021).

Baca juga:  Kader Ungkap Ada 4 Faksi di Tubuh Partai Demokrat

Jhoni merupakan anggota DPR dari Partai Demokrat yang saat ini duduk di Komisi V. Ia bergabung dengan partai berlogo Mercy itu sejak 2002.

Renan tak ingin masalah kudeta pimpinan Demokrat dilihat sebagai masalah internal partai. Menurut dia, ini merupakan masalah oknum pejabat tinggi negara yang ingin mengambilalih kedaulatan partai.

Baca juga:  Demokrat Bongkar Pertemuan Moeldoko di Lantai 28 Hotel Aston Rasuna

"Tapi tolong jangan melihat ini sebagai masalah internal partai "an sich". Tolong fokus lihat ini soal perilaku oknum pejabat tinggi negara yang ingin ambilalih kedaulatan partai yang sah dan dilindungi konstitusi negara," terangnya.

Hingga saat ini, MNC Portal masih mencoba mengkonfirmasi kepada Jhoni Allen Marbun terkait dugaan dirinya terlibat dalam mengkudeta pimpinan Partai Demokrat.

Sebagaimana diketahui, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut ada pejabat pemerintahan yang terlibat dalam upaya pengambilalihan paksa kursi yang didudukinya. Tak tanggung-tanggung, AHY menyebut orang itu berada di lingkaran dekat Presiden Jokowi.

AHY juga sudah mengirimkan surat resmi kepada Presiden Jokowi untuk mengklarifikasi hal ini. Selain pihak eksternal, ada pula pihak internal yang terlibat dalam gerakan ini. Mereka terdiri atas kader Demokrat aktif, kader tidak aktif, kader yang sudah diberhentikan, dan kader yang keluar dari Demokrat.

Politikus Demokrat, Andi Arief melalui akun Twitternya mengungkap bahwa pejabat didekat lingkaran Jokowi yang diduga terlibat pengambilalihan paksa kursi pimpinan partai berlogo Mercy itu adalah KSP Moeldoko.

"Banyak yang bertanya siapa orang dekat Pak Jokowi yang mau mengambil alih kepemimpinan AHY di demokrat, jawaban saya KSP Moeldoko. Kenapa AHY berkirim surat ke Pak Jokowi, karena saat mempersiapkan pengambilalihan menyatakan dapat restu Pak Jokowi," kata @Andiarief__

Moeldoko sendiri sudah membantah isu ini. Ia menegaskan tidak ada rencana kudeta kursi pemimpin Demokrat. Mantan Panglima TNI itu juga menegaskan bahwa hal tersebut adalah urusan dirinya dan jangan dikaitkan dengan Istana atau Presiden Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini