Bareng Densus 88 dan PPATK, Polri Gelar Perkara Kasus Rekening FPI

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 02 Februari 2021 09:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 337 2354889 bareng-densus-88-dan-ppatk-polri-gelar-perkara-kasus-rekening-fpi-H4c4dahTzW.jpg Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi. (Foto : iNews/Riezky Maulana)

JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Umum (Dit Tipidum) Bareskrim Polri akan melakukan gelar perkara terkait dengan adanya dugaan melawan hukum aktivitas rekening milik FPI.

Dir Tipidum Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian Djajadi mengungkapkan, dalam gelar perkara itu pihaknya akan melibatkan Densus 88 dan PPATK.

"Rencananya begitu (gelar perkara)," kata Andi saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (2/2/2021).

Sebelumnya, Kepala PPATK, Dian Ediana Rae memberikan penjelasan soal status analisis dan pemeriksaan rekening FPI dan pihak terafiliasinya. Dian mengatakan, pihaknya telah memeriksa 92 rekening FPI dan pihak terkait.

“Sesuai dengan kewenangan dan jangka waktu yang diberikan Undang-Undang, PPATK telah menyelesaikan proses analisis dan pemeriksaan terhadap 92 rekening FPI dan pihak terkait FPI yang telah dilakukan proses penghentian sementara transaksi,” ujar Dian dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Minggu (31/1/2021).

Dian mengatakan, tindakan penghentian transaksi dilakukan dalam rangka memberikan waktu yang cukup bagi PPATK untuk melakukan analisis dan pemeriksaan atas rekening-rekening tersebut, pasca-ditetapkannya FPI sebagai organisasi terlarang.

Baca Juga : Rekening FPI Diblokir karena Perbuatan Melawan Hukum, Ini Penjelasan PPATK

Lebih lanjut Dian menyampaikan, hasil analisis dan hasil pemeriksaan atas rekening-rekening tersebut telah disampaikan kepada Penyidik Polri untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kewenangannya.

“Berdasarkan hasil koordinasi dengan penyidik Polri, diketahui adanya beberapa rekening yang akan ditindaklanjuti penyidik Polri dengan proses pemblokiran karena adanya dugaan perbuatan melawan hukum,” ujarnya.

Baca Juga : Diduga Melawan Hukum, Sejumlah Rekening FPI Ditindaklanjuti Penyidik Polri

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini