Dukcapil Kemendagri Terbitkan 3.549 KK bagi Korban Gempa Sulbar

Dita Angga R, Sindonews · Senin 01 Februari 2021 08:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 337 2354180 dukcapil-kemendagri-terbitkan-3-549-kk-bagi-korban-gempa-sulbar-bG8YDlkS9J.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Dukcapil Kemendagri menerjunkan tim ke daerah terdampak bencana gempa di Sulawesi Barat (Sulbar), untuk memberikan pelyanan penggantian dokumen kependudukan. Mulai dari kartu keluarga (KK), e-KTP, akta kelahiran, akta kematian dan dokumen lainnya.

"Ini rutin dilakukan Dukcapil setiap ada bencana kita langsung bergerak aktif mendata, dan mengganti dokumen warga hilang rusak tersebut dengan gratis," kata Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah dikutip dari pers rilis Puspen Kemendagri, Senin (1/2/2021).

 Baca juga: Korban Meninggal Akibat Gempa di Sulbar Capai 105 Orang

Tim Dukcapil di Sulbar turun sejak tanggal 20 Januari 2021. Hingga Minggu (31/1/2021) telah diterbitkan sebanyak 3.549 KK pengganti bagi korban gempa bumi yang KK-nya hilang atau rusak.

Selain itu, tim Dukcapil juga melayani penerbitan Akta Kematian bagi warga setempat yang meninggal akibat gempa bumi yang melanda daerah tersebut.

Baca juga:  TNI AD Kerahkan Personel dan Perlengkapan untuk Bantu Korban Bencana Sulbar dan Kalsel

"Tercetak sebanyak 72 Akta Kematian yang terdiri dari 53 warga Mamuju, 13 Majene, 1 Mamuju Tengah, 1 Pasangkayu, dan 4 warga non Sulbar," kata Ketua Tim Jemput Bola Ditjen Dukcapil Kemendagri di Sulbar, Asep Firdaus.

Sementara itu, untuk warga non Sulbar yang terdampak bencana gempa, Asep mengaku pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Dukcapil daerah asal masing-masing korban untuk segera diterbitkan Akta Kematiannya secara elektronik.

"Lalu kami koordinasikan juga agar segera dikirimkan file berbentuk PDF untuk dapat diserahkan kepada keluarga korban di Sulbar," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini