Abu Janda: Cuitan Islam Pendatang dari Arab yang Arogan untuk Tengku Zulkarnain

Riezky Maulana, iNews · Senin 01 Februari 2021 07:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 337 2354173 abu-janda-cuitan-islam-pendatang-dari-arab-yang-arogan-untuk-tengku-zulkarnain-18ZblfeCaz.jpg Abu Janda. (Foto: Twitter @permadiaktivis2)

JAKARTA - Permadi Arya atau yang lebih dikenal Abu Janda membantah berniat menghina agama Islam. Cuitannya tentang ‘Islam agama arogan’ jadi polemik hingga berujung pelaporan ke polisi.

"Saya tidak pernah bilang 'Islam arogan'," kata Abu Janda dalam akun twitter pribadinya @permadiaktivis1, dikutip Senin (1/2/2021).  

Lebih jauh dia menjelaskan, kata arogan dalam cuitannya itu ditujukan untuk pernyataan eks Wasekjen MUI Tengku Zulkarnain. Menurutnya, kata arogan bukan dimaksudkan untuk Islam keseluruhan, melainkan para pendatang saja.

"Saya bilang 'Islam pendatang dari Arab' yang arogan dan itu ditujukan ke Tengku Zul, yang saya maksud itu aliran Salafi Wahabi," ucap dia.

Baca juga: Balasan Menohok Putri Gus Dur ke Abu Janda: Memang Ngaco Orang Itu!

Selain itu, Abu Janda juga menyebut cuitannya telah dipotong dan disebarluaskan sehingga menjadi viral. Hal itulah, kata dia, yang menyebabkan cuitannya seolah-olah menggeneralisir.

"Saat twit saya diviralkan, bagian twit Tengku Zulnya dibuang, jadi seolah saya generalisasi Islam," sesalnya.

Baca juga: Soal Abu Janda, Sekum Muhammadiyah : Agak-Agak Genit

Abu Janda dilaporkan ke Bareskrim Polri terkait cuitannya yang diduga melakukan penistaan agama. Abu Janda dilaporkan oleh seorang Pengacara, Medya Rischa, pada Jumat, 29 Januari 2021.

Polri telah menerima pelaporan tersebut. Laporan tersebut tertuang dalam surat tanda terima terima laporan Nomor : STTL/033/I/BARESKRIM tanggal 29 Januari 2021. Abu Janda dipanggil polisi hari ini, Senin 1 Februari.

Medya melaporkan Abu Janda karena diduga telah melakukan ujaran kebencian atau permusuhan individu dan atau antar golongan, serta penistaan agama.

Abu Janda dilaporkan karena melanggar UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 28 ayat (2), Penistaan Agama UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 156A. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini