Tulis Surat Terbuka, KM ITB Minta Demokrat-PKS Lanjutkan Penolakan UU Ciptaker

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 29 Januari 2021 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 337 2352888 tulis-surat-terbuka-km-itb-minta-demokrat-pks-lanjutkan-penolakan-uu-ciptaker-Zp1qbs0bUH.jpg Ilustrasi (Foto: shutterstock)

JAKARTA - Kabinet Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (KM ITB) mengirim surat terbuka untuk Fraksi Demokrat dan Fraksi PKS tentang Solusi Alternatif Omnibus Law. Dalam suratnya, mereka mendorong agar Demokrat dan PKS melanjutkan penolakan terhadap UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Melalui akun Instagram KM.itb, disebutkan, bahwa sudah seratus hari lebih setelah pengesahan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang kontroversial, baik dari segi prosedural maupun substansi.

Untuk itu, KM ITB mengeluarkan surat terbuka kepada Fraksi Demokrat dan Fraksi PKS di DPR RI untuk menuntut melanjutkan penolakan mereka terhadap UU Cipta Kerja dengan mengusahakan sebuah solusi alternatif berdasarkan skema ekonomi untuk mencapai tujuan peningkatan ekonomi negara. Solusi yang ditawarkan oleh KM ITB yaitu pertumbuhan ekonomi berbasis Economic Complexity Index (ECI).

Baca Juga:  Jumhur Hidayat Ajukan Keberatan atas Dakwaan Jaksa

Hal ini merupakan bentuk aspirasi KM ITB untuk membuka diskursus di tengah masyarakat akan adanya alternatif yang lebih baik untuk menumbuhkan ekonomi dibandingkan dengan UU Cipta Kerja dan untuk menginisiasi kembali semangat masyarakat dalam perjuangan melawan UU Cipta Kerja.

Kajian KM ITB mengenai skema ekonomi alternatif yang ditawarkan pada surat terbuka dapat diakses pada tautan: kmitb.xyz/PolicyBriefCounterOL

Baca Juga: MK Kembali Gelar Sidang Uji Materiil UU Ciptaker

Surat Terbuka KM ITB kepada Fraksi Partai Demokrat dan PKS di DPR RI dapat diakses pada tautan: kmitb.xyz/SuratTerbukaOmnibusLaw

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini