BNPB Diminta Evakuasi Kelompok Perempuan Rentan di Gempa Sulbar

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 29 Januari 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 337 2352710 bnpb-diminta-evakuasi-kelompok-perempuan-rentan-di-gempa-sulbar-MqsgKH468P.jpg Prajurit TNI saat evakuasi korban gempa Sulbar (foto: ist)

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy meminta BNPB untuk membantu proses evakuasi kelompok perempuan rentan yang terdampak gempa M6,2 Sulawesi Barat (Sulbar).

“Saya mohon dari BNPB untuk mengerahkan satuannya untuk bisa melakukan operasi lagi, untuk mengambil mereka sehingga dapat terawat dengan baik,” kata Effendy dalam keterangan tertulis yang diterima MNC Media di Grup BNPB, Jakarta.

Baca juga:  Muhammadiyah Galang Dana Tanggap Bencana hingga Rp1,9 Miliar

Kelompok perempuan rentan yang dimaksud Effendy yaitu mereka yang sedang hamil dan menyusui bayi. Di samping itu, ia menambahkan kelompok bayi lima tahun (balita) juga dapat dievakuasi ke tempat yang lebih baik.

“Seteleh berdiskusi dengan Ibu Mensos, saya dukung mereka yang sedang hamil, mereka yang sedang menyusui, dievakuasi pakai heli ke lokasi yang lebih baik,” ujar Effendy.

Baca juga:  BNPB: Pelayanan Kesehatan Masih Jadi Kendala di 6 Dusun Terdampak Gempa M6,2 Sulbar

Effendy menyampaikan bahwa kondisi anak-anak pada tingkat stunting atau secara psikis mengalami guncangan, ini akan sangat berpengaruh pada generasi yang akan datang.

Demikian juga, ia mengatakan bahwa anak-anak dan balita yang tidak mendapatkan asupan gizi dan pelayanan kesehatan yang baik selama wabah ini akan berdampak pada 30 hingga 40 tahun ke depan. Kondisi ini akan ditanggung sendiri oleh masyarakat Sulawesi Barat.

 

Effendy menekankan pada paradigma bahwa utamakan terlebih dahulu kelompok perempuan rentan dengan memperhatikan segala kebutuhan, termasuk juga kelompok anak-anak. Pada kesempatan ini, ia meminta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) untuk berperan dalam memberikan dukungan penuh dalam konteks tersebut.

Sementara itu, Effendy juga berpesan kepada posko untuk memperhatikan warga yang masih ada di perbukitan dan wilayah-wilayah yang terputus akses transportasi. Ia meminta supaya mereka mendapatkan perhatian, terutama di bidang logistik.

“Jangan sampai mereka kelaparan, jangan sampai juga kesehatan mereka tidak terurus, terutama bagi ibu-ibu,” ucap Effendy.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini