Eks Dirut PT Asabri Diperiksa 2 Kali Terkait Kasus Dugaan Korupsi

Erfan Maaruf, iNews · Kamis 28 Januari 2021 21:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 337 2352635 eks-dirut-pt-asabri-diperiksa-2-kali-terkait-kasus-dugaan-korupsi-SB6beWvyk2.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Penyidik Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jam Pidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) kembali melakukan pemeriksaan pemeriksaan terhadap mantan Direktur Utama PT Asabri berinisial ARD, Kamis (28/1/2021).

Pemeriksaan ARD hari ini merupakan kedua kalinya sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi oleh PT Asabri. Pemeriksaan pertama ARD dilakukan pada Kamis, 21 Januari 2021.

"Saksi yang terkait dengan tipikor pada PT Asabri yakni ARD selaku Mantan Direktur Utama PT Asabri," kata Kapuspen Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam keterangan tertulis, Kamis (28/1/2021).

Selain ARD, Penyidik juga melakukan pemeriksaan terhadap Direktur Utama PT Aurora Asset Management berinisal F. Sementara saksi lainnya yang diperiksa yakni Direktur PT Asanusa Asset Management (AAM) berinisal AAM.

"Pemeriksaan saksi dilakukan guna mencari fakta hukum dan mengumpulkan alat bukti tentang tindak pidana korupsi yang terjadi pada PT Asabri," tambahnya.

Sebelumnya, Jaksa Agung ST Burhanuddin mengaku telah mengantongi nama tujuh calon tersangka kasus dugaan korupsi terkait investasi di PT Asabri. Sejumlah nama itu didapat setelah memeriksa belasan saksi.

Baca Juga : KPK Usut Keterlibatan Istri Edhy Prabowo di Kasus Suap Ekspor Benur

"Telah memeriksa 18 orang saksi dan mengantongi tujuh orang calon tersangka, dan masih dapat berkembang lagi," kata Burhanuddin.

Saat ini Kejagung juga telah mengirimkan surat pencegahan terhadap ke luar negeri terhadap sejumlah orang termasuk tujuh calon tersangka. Penyidik dalam waktu dekat juga akan melakukan gelar perkara penetapan tersangka pekan depan.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini